Minggu, 30 September 2012

KURIKULUM BARU TAHUN 2013


Kurikulum pendidikan yang baru akan mulai diterapkan pada tahun ajaran 2013/2014, ini merupakan rencana dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dalam kurikulum baru ini lebih banyak melibatkan siswa dalam proses pengajarannya. Kurikulum yang baru akan banyak mengurangi mata pelajaran bagi siswa. Sehingga, di SD hanya akan ada empat mata pelajaran, SMP sebanyak tujuh mata pelajaran dan SMA sebanyak 10 mata pelajaran
A.Nama mata pelajaran SD meliputi
1.      Bahasa Indonesia
2.      PPKn
3.      Agama
4.      Matematika

B.Nama Mata pelajaran SMP meliputi
1.      Bahasa Indonesia
2.      PPKn
3.      Agama
4.      Matematika
5.      Bahasa Inggris
6.      Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
7.      Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Meski ada beberapa mata pelajaran yang tidak masuk dalam kurikulum yang baru, bukan berarti mata pelajaran tersebut dihilangkan. Namun, mata pelajaran tersebut akan diintegrasikan dengan mata pelajaran yang lain.
Sistem pembelajaran dalam kurikulum baru  nantinya akan bersifat tematik. Sehingga akan dapat mengembangkan tindak kompetensi penting, yakni perilaku, keterampilan, dan pengetahuan.

Nah kita tunggu saja sama-sama seperti apa kurikulum tahun 2013 nanti

Sumber

10 komentar:

  1. Berguna banget ini bang,semoga abang ga bosan2 share ke kami.

    BalasHapus
  2. Mata pelajaran makin sedikit, nantinya seorang guru akan mengajar beberapa materi dari mata pelajaran karena diintegrasikan. begitu ya pak?

    BalasHapus
  3. http://curhatz.blogspot.com/ : wah makin rumit aja kayaknya

    BalasHapus
  4. hehehe,,,untungnya udah lulus SD,SMP,dan SMA juga. jadi, cuma nyampe'in pesan sama adik-adik, harus rajin belajar..

    BalasHapus
  5. kenapa kurikulum kita bisa berubah terus ya pak? zaman aku sd rasanya ga sering berubah deh. apa krn kbutuhan pendidikan berubah terus ya? ga ngerti jg sih :D tapi kalo inget jaman-jaman sd, rsanya pengen balik lagi aja ke jaman dimana yang aku tahu cuma makan tidur dan bermain :)

    BalasHapus
  6. jalan2 tengah malam Pak.., nyimak aja dech, gk tau mau komen apa.. *smile

    BalasHapus
  7. suskes pak mendidik generasi muda bangsa ini..
    :)

    BalasHapus
  8. Salah pelajaran yang saya sukai waktu SMP adalah pelajaran Bahasa Inggris. Saya bahkan saya mencetak nilai 9 untuk Bahasa Inggris di Raport dan Ijasah

    BalasHapus
  9. Bagaimana guru yang ngajar TIK dan sudah sertifikasi TIK?

    BalasHapus

Terimakasih anda telah berkunjung ketempat ini, semoga panjang umur