Rabu, 13 Februari 2013

PENGISIAN DAPODIK BELUM VALID TUNJANGAN PROFESI HANGUS


Buat para guru apakah sudah mengisi data di Dapodik dengan benar, karena berbagai tunjangan seperti tunjangan fungsional, sertifikasi, dana kesejahteraan dan tunjangan lainnya harus terdaftar dulu di Dapodik. Karena mulai tahun 2013 ini  penerbitan SK Tunjangan Profesi guru (SK Dirjen) didasarkan pada data guru (PTK / Pendidik dan Tenaga Kependidikan) yang ada di Dapodik online.

SK tunjangan sertifikasi guru dikeluarkan setiap tiga bulan sekali. Apabila ada guru yang datanya di Dapodik belum valid maka namanya tidak akan tercantum dalam SK sehingga tunjangan profesinya tidak keluar dan hangus. Pembetulan data di Dapodik dapat dilakukan untuk penerbitan SK berikutnya, tetapi tiga bulan yang telah hangus tidak dapat diusulkan rapelan alias Hangus.

Nah kalau hangus alias gosong itu artinya tidak bisa menerima tunjangan sertifikasi, oleh karena itu Bapak Ibu Guru harus aktif terus ngecek sendiri datanya. Jangan cuma ngandalkan operator pengisi data, operator itu perlu dibantu mengecek kebenarannya dalam mengisi data dan kalau belum betul cepat-cepat dibetulkan.

Untuk mengecek data guru silahkan klik disini, kemudian;
Masukkan NUPTK sebagai username serta tanggal lahir sebagai password dgn format YYYYMMDD. Sebagai contoh jika tgl lahir anda 2 Agustus 1986 passwordnya: 19860802

Jika muncul informasi NUPTK tidak ditemukan, ada beberapa kemungkinan. 1) Kolom NUPTK belum diisi pada data Dapodik anda; 2) Kolom NUPTK anda diisi namun salah ketik. 3) Data Dapodik utk NUPTK ybs belum ter-import ke basis data.

Jika ada masalah tertentu, sertakan NUPTK dan masalahnya melalui email ke cekdataguru.dikdas@gmail.com utk kami telusuri penyebabnya. 

27 komentar:

  1. It was very interesting for me to read that blog. Thanks the author for it. I like such topics and everything that is connected to them. I would like to read more soon.
    Earthmoving Parts

    BalasHapus
  2. smg aja semua lancar2 aja pak..., Aamiin...

    BalasHapus
  3. Sekarang sudah menggunakan data elektronik tidak manual lagi, pastinya angkatan lama yang agak sedikit bingung.

    BalasHapus
  4. ternyata semuanya ribet sama aja ya....
    hmmmm......
    :P

    BalasHapus
  5. informasi yg berguna pak, apalagi utk guru yg sertifikasi sangat cocok, terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  6. sebagai operator. ikut pusing pak.. data sudah terisi lengkap.. tp di aplikasi pendataa/dapodik tidak mempunyai record terdaftar.. apa yang salah yaaa... apa dr sekolah terdahulu g di update ato gmn... pusing pak

    BalasHapus
  7. sebagai operator. ikut pusing pak.. data sudah terisi lengkap.. tp di aplikasi pendataa/dapodik tidak mempunyai record terdaftar.. apa yang salah yaaa... apa dr sekolah terdahulu g di update ato gmn... pusing pak

    BalasHapus
  8. sebagai operator. ikut pusing pak.. data sudah terisi lengkap.. tp di aplikasi pendataa/dapodik tidak mempunyai record terdaftar.. apa yang salah yaaa... apa dr sekolah terdahulu g di update ato gmn... pusing pak

    BalasHapus
  9. sebagai operator. ikut pusing pak.. data sudah terisi lengkap.. tp di aplikasi pendataa/dapodik tidak mempunyai record terdaftar.. apa yang salah yaaa... apa dr sekolah terdahulu g di update ato gmn... pusing pak

    BalasHapus
  10. sebagai operator. ikut pusing pak.. data sudah terisi lengkap.. tp di aplikasi pendataa/dapodik tidak mempunyai record terdaftar.. apa yang salah yaaa... apa dr sekolah terdahulu g di update ato gmn... pusing pak

    BalasHapus
  11. situs aja gak bisa dibuka pak,, masaya situs nya terlalu sibuk trus.

    BalasHapus
  12. Ya harus ribet wong terima gaji dobel

    BalasHapus
  13. Semua data sudah terisi tapi masih tergolong tidak memenuhi syarat,,bgmna ni pak ?

    BalasHapus
  14. untuk cek data sja sulitnya setengah mati.sampai kapan akan terus begini ????????? ooooohhh.....indonesia

    BalasHapus
  15. sumua data sudah terisi, telah dikirim ke server tapi kita ferivikasi masih data yang lama yang muncul, operator jadi bingung gemana solusinya pak?

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Indonesia....oh nasib....
    Bisa jadi operator di dinas kota/kabupaten mengganti-gatinya. Sebagai contoh di depok data PTK dari dua operator di dinas kota berbeda tuh. Apakah mereka bisa mengedit dan mengganti data yang telah dibuat oleh operator sekolah masing-masing saat sinkronisasi data?

    BalasHapus
  18. kasihan yang kelas kecil nih, jam mengajarnya kurang. mau cari sekolah lain juga sama-sama butuh. Mbok ya jatah mengajrnya ga 24 ya, 18 saja.

    BalasHapus
  19. ya Alloh kenapa tanda merah dina no 19 dan20,beginilah nasib sukwan yang ada di gunung cikuray tidak ada tunjangan apapun,tiaphari jalankaki ke sekolah mdhan2 ada hikmahnya.

    BalasHapus
  20. apa pengertian info di bawah ini
    0 - Nama Viktor S.Pd Info
    1 - Nip 195908181982011003 Info
    2 - Nama Kabupaten Kota Kabupaten Labuhanbatu selatan Info
    3 - Nama Propinsi Sumatera Utara Info
    15 - Gaji Pokok Rp 3.571.100 Info Info

    BalasHapus
  21. pak, gimana yang data pas ?
    guru yang satmingkalnya di data Dapodik tidak dapat menyatu dengan data pas. sehingga jam tambahan di Data Pas SMK tidak masuk ke Data Dapodik, gimana solusinya?

    BalasHapus
  22. DAPODIK GAGAL LAGI, PEMERINTAH BERHARAP MENDAPATKAN DATA YANG AKURAT, MALAH SEKOLAH MEMBUAT DATA PALSU AGAR JJM SESUAI 24 JAM

    BalasHapus
  23. Salam kenal.... saya berulangkali membuka aplikasi setelah m3masukkan NUPTK Dan password .tp ga bisa login juga.. gimna lagi carae......

    BalasHapus
  24. Data saya JJM 0 dan data satu sekolah sama smua 0, anehnya ada satu orang guru yang 0 kok dah lolos dan sidap diusulkan, dasarnya apa ya. Trus setelah diedit diisi lengkap data-datanya oleh operator, muncul gaji pokok yang nilainya malah turun gimana ya pak/bu dan ... JJM masih juga kosong, padahal smua sudah diisi lewat aplikasi dapodik sesuai petunjuk dari pegawai UPTD Pendidikan. Gimana ya Pak/Bu.

    BalasHapus
  25. ok maksih atas informasinya..smga bermanfaat

    BalasHapus

Terimakasih anda telah berkunjung ketempat ini, semoga panjang umur