Selasa, 09 Maret 2010

CUBLAK-CUBLAK SUWENG

Lagu Cublak-cublak suweng merupakan lagu permainan anak-anak,tapi pada saat ini sudah jarang sekali dinyanyikan bahkan hampir tidak terdengar lagi.Padahal lagu ini sangat akrab sekali dengan anak-anak tempo dulu.

Pada jaman sekarang anak-anak lebih hafal menyanyikan lagu orang dewasa daripada lagunya sendiri, mungkin karna tidak diperkenalkan lagi oleh orang tua atau di sekolah tidak diajarkan karna gurunya sendiri tidak tahu dan lagi pada media elektronik ( Televisi )juga jarang menayangkannya.



Sekarang inyong coba untuk mengartikan kata-kata lagu cublak-cublak suweng kedalam bahasa Indonesia. Mohon Kritik dan saran barang kali salah mengartikan ( bisa lewat e-mail inyong )

Cublak-cublak = menekan-nekan
Suweng/suwewnge = anting / antingnya
Tinggelenter = tersebar
Mambu = berbau
Ketundhung = terusir
Gudel = Anak kerbau
Lera-lere = mencari
Sapa = siapa
ngguyu = tertawa
ndhelik / ndhelik ake = sembunyi / menyembunyikan
dhele = kedelai
kopong = tidak berisi

26 komentar:

  1. wow...pak saya ada ide.....gmn klo ada khasanah pengetahuan tentang aksara jawa juga?saya punya softwarenya...silahkan di downlod di sini : http://3colom.blogspot.com/2010/01/download-software-hanacaraka-version-10.html
    software itu bisa mentranslasikan abjad ke aksara jawa....bisa di cetak dalam bentuk gambar..nah iu bagus banget lho pak....bisa unik dan lain dari yang lain......

    BalasHapus
  2. wah biar jauh tapi mas Adit tahu yang sedang kucari.terimaksih buanyak mas.

    BalasHapus
  3. Lagu ini adalah lagu utk permainan.. Dulu waktu kecil aku suka maen cublak-2 suweng ini... ^_^
    "sopo ngguyu dhelikake.."

    BalasHapus
  4. Waaa.., jadi kangen dg masa kecilku nih..

    BalasHapus
  5. weh saya seneng lagu ini.

    mi sol sol re mi do
    re mi re sol mi re do
    re mi re sol mi re do
    do sol la sol la re do
    sol! sol mi re do re mi
    sol! sol mi re do re mi

    versi saya..hehehe..senengg..senengg
    trims pak.

    BalasHapus
  6. jd inget masa kcl dulu.. lagu ini jg suka dinyanyiin ama anak2 di Cirebon, tptnya di daerahku.

    salam knl

    BalasHapus
  7. walah.... lanjut bahasa lagu daerah.... tpi baiknya langsung diterjemahin lagunya aja, jangan kata kata giu doang,soalnya binun harus lihat atas bawah :P

    BalasHapus
  8. pak eka...saya tadi add facebook nya loh

    BalasHapus
  9. Nggih Pak, saniki jarang sanget ningali lare nyanyi lagu2 kados niku :( jaman sampun berubah..

    BalasHapus
  10. weks....sedang mengusung lagu-lagu anak-anak ya pak guru...he...he...nguri-uri kabudayan....

    BalasHapus
  11. bapak.......maaf baru mampir heheheheheh!!! jadi ingat masa lalu
    sayangnya anak sekarang sudah melupakan lagu anak-anak masa lalu
    Bravo budaya jawa!!!!!

    BalasHapus
  12. Pasang widget alexa nya pak...seperti yang saya pajang di posting ituloh....saya ol di fb...bisa chat sekarang kok.......

    BalasHapus
  13. salam sobat
    wah masih ingat lagu jadul masa anak2 nich,,
    tapi anak sekarang pada ngga hafal lagu cublak-cublak suweng ini ya,,

    BalasHapus
  14. wah, jadi inget waktu dolanan lagi cilik mas... :-)

    BalasHapus
  15. cublek cublek suweng,*sing*

    Oiya Mas, suwemg itu tindik yak... :-)

    BalasHapus
  16. Lagu ini banyak digemari anak-anak diluar Jawa.

    BalasHapus
  17. Saya Teguh, penasaran dengan makna ketundung gudel(terusir), apa benar itu artinya demikian?
    terus apa hubungannya dengan cerita dalam bait tsb.
    selama ini saya beranggapan ketunduh gudel (ketindih kerbau), walaupun saya tidak tahu apakah benar ada kata ketunduh dalam bahasa jawa yang berarti ketindih :D
    Jadi kalau dirangkaikan, maknaanya jadi "suweng"nya bau karena ketindih kerbau.
    mohon komentarnya. Terima kasih

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah nemu blog ini.Saya sdg ada tugas untuk menganalis lagu2 daerah,salah satunya cublak2 suweng (dulu saya jg msh kebagian nyanyi lagu ini wktu SD).
    Sangat membantu.Trims ^_^

    BalasHapus
  19. Artinya dalam Mas, coba baca tulisan Agung Webe berikut ini:
    http://sosbud.kompasiana.com/2012/04/05/cublak-cublak-suweng-sebuah-konsep-keberlimpahan-hidup-nusantara/

    BalasHapus
  20. aku masih suka main loh sama temen-temen.. skrang ak kls 6 SD

    BalasHapus
  21. Dulu waktu saya kecil lagu itu sering kami nyanyikan saat bermain 'cublak-cublak suweng'. Tapi, anak-anak sekarang banyak yang tidak mengenal lagu itu, ya, Pak. Prihatin

    BalasHapus

Terimakasih anda telah berkunjung ketempat ini, semoga panjang umur