Minggu, 06 September 2009

Belajar Gitar 2

Bagaimana?kayaknya udah ada yang mencoba belajar gitar nih.Kalau yang udah pinter aku minta sumbang sarannya ya.Soalnya tulisan ini juga dibaca siswaku hlo di SMP.
Kalau belajar gitar jari tangan pada sakit itu wajar-wajar aja soalnya kan baru latihan,mungkin juga giatarnya yang mengunakan senar kawat jemuran ( eh maaf keliru ) sehingga dijari bikin sakit.Aku sendiri dari dulu sukannya menggunakan senar nilon,jadi ditangan enak ( dimakan aja kalau enak wkkk).
Ada juga yang bertanya kalau pindah posisi kok sulit,hal ini tidak akan sulit kalau sering dilatih tuh tangannya.Kalau sering latihan nantinya ketrampilan tangan akan terbentuk.Dibawah ini saya kasih gambar bagaimana posisi tangan kiri pada leher gitar sewaktu menekan senar.Gambar ini aku ambil dari buku gitar sewaktu aku kursus gitar di YASMI,tapi ngga selesai tuh kursusnya soalnya aku keburu ditrima kuliah di IKIP Yogyakarta
1.Menekan senar gitar gunakan ujung jari (bagi yang senang pelihara kuku harus dipotong soalnya akan menyulitkan untuk menekan senar.
2.Telapak tangan jangan menempel pada leher gitar
3. Usahakan ibu jari berada dibelakang leher gitar
4.Latihlah jari tangan kiri untuk menekan senar gitar tiap ruas sambil dibunyikan/dipetik
5.Atau berlatih memainkan tangganada
6.Cari lagu yang disukai atau yang mudah utuk bermain melodi

Oya untuk senar nomor satu,dua dan tiga itu ngga pakai kulit sedangkan nomor ,empat,lima dan enam pakai kulit.Hehehe…istilah pakai kulit aku dapat dari mas genial,yang mau kenalan silahkan berkunjung keblognya
Untuk yang belajar menggunakan not balok,dibuku pasti sudah ada kode jari,kode ruas gitar dan nomor senarnya plus cara memetik senarnya
Selamat berlatih dan mencoba

15 komentar:

  1. Wadduh,... susah banget nih, tangan udah kaku begini baru mau latihan.... nyesel deh aku.

    BalasHapus
  2. Karena ada tutorial dari sobat ini, saya kembali memeluk gitar. Maksudnya belajar lagi. Makasih ya sobat.
    Salam

    BalasHapus
  3. Wah ketinggalan nich saya.
    Ntar baca yang pertama dulu ach.
    Btw, senang dapat pembelajaran dari blogmu sobat.

    BalasHapus
  4. Dari dulu aku belajar main gitar ...tapi tetap saja ngak bisa-bisa
    Sepertinya perlu dicoba lagi nech...
    Thanks 4 sharingnya.

    BalasHapus
  5. Thanks buat sharingnya mas...

    BalasHapus
  6. salam sobat
    wah kursus di YASMI ,,terus kuliah di IKIP Yogyakarta.
    waaupun ngga selesai kursusnya,,tapi paling tidak sudah pandai main gitarnya.

    BalasHapus
  7. wah, pasti kalo nyanyi diiringi alunan gitar kamu, jadi makin seru.

    BalasHapus
  8. Dulu waktu SMA kalau di kos-kosan ada yang pinter main gitar biasanya ciri anak gaul, biasanya punya pacar dan pacarnya lebih dari satu...
    Begitu yaa???

    Soalnya aku termasuk anak kuper, tapi pinter he he he....

    BalasHapus
  9. Hehehehe

    Fateng lagi dengan memegang gitar kopong di tangan kiri...

    BalasHapus
  10. woooowww makasih neh tutor gitarnya mas eko...

    BalasHapus
  11. kalo baca sih muda, tapi wktu dipraktekin itu loh, kok tanganku serasa brontak g seperti pikiranku :D

    BalasHapus
  12. Ada award bang....
    diambil yaaa

    BalasHapus
  13. salam sobat
    ada AWARD untuk sobat,,mhon diterima ya,,di blog NURANURANIKU.
    TRIMS.

    BalasHapus

Terimakasih anda telah berkunjung ketempat ini, semoga panjang umur