Kamis, 29 Oktober 2009

P K S

Pada tanggal 29 Oktober 2009 tempat kerja inyong kedatangan tim penilai yang semuanya berjumlah lima orang, empat orang dari pengawas smp dan sma,satu diantaranya seorang ibu serta satu orang dari Kasi Mutasi Dinas Pendidikan untuk menilai kinerja sekolah atau yang biasa disebut PKS ( Penilaian Kinerja Sekolah )
A. Tujuan
1. Untuk menilai kinerja warga sekolah yang akan diakumulasikan menjadi Nilai Kinerja Kepala Sekolah.
2. Untuk bahan pembinaan manajemen sekolah.
3. Pada akhir periode jabatan Kepala Sekolah, untuk mengajukan rekomendasi.
B. Aspek Yang Dinilai
Penilaian kinerja sekolah meliputi perkembangan berbagai aspek dari komponen akademik dan komponen non akademik serta efektifitas kepemimpinan Kepala Sekolah. Penilaian ini mengacu pada tiga hal yaitu IPO (Input, Process, Output) atau MPK (Masukan, Proses, Keluaran).
1. Masukan, merupakan data awal profil sekolah yang meliputi data komponen akademik dan data komponen non akademik pada awal periodesasi penugasan seseorang sebagai kepala di sekolah tersebut.
2. Proses, merupakan data kinerja Kepala Sekolah yang meliputi komponen EMASLIM yaitu efektivitas Kepala Sekolah dalam melaksanakan tugas/ peran sebagai :
a. Pendidik / Educator
b. Pengelola / Manager
c. Pengurus / Administrator
d. Penyelia/ Supervisor
e. Pemimpin/ Leader
f. Pembaharu/ Innovator
g. Pembangkit Minat/ Motivator
3. Keluaran, merupakan data akhir profil sekolah baik berupa data komponen akademik maupun data komponen non akademik. Data ini menunjukan perubahan atau hasil yang dicapai sebagai upaya pemberdayaan sumberdaya yang terdapat di sekolah, yaitu semua warga dan fasilitas sekolah selama masa kepemimpinan Kepala Sekolah yang bersangkutan.


Ya...lega sudah rasanya karena beberapa hari sebelumnya inyong dan teman-teman mempersiapkan segala data administrasi yang diperlukan,ada yang lembur segala karena kelengkapan administrasi mengajarnya ada yang kurang. Kalau inyong sendiri ya.....santai ajalah yang penting rebes,eh...beres hheee.....

15 komentar:

  1. semoga dengan adanya PKS kinerjanya jadi semakin bagus yah pak ^_^ semangat..semangat..

    BalasHapus
  2. Wahahahaa..
    ternyata Inyong punya dah rebes ya.
    Syukurlah.
    sori bro setelah sepuluh hari karena satu dan lain hal hengkang dari dunia maya ... baru sekarang sempat mampir di rumahnya yang semakin adem ini.

    tetap semangat.

    BalasHapus
  3. wah, sukurlah dah diperiksa dan beres semuanya.

    BalasHapus
  4. Mantap dunk...pak....syukurlah...kalo udah beres semuanya,,,jadi tidak kemrungsung

    BalasHapus
  5. klo ga salah ada lomba UKS juga ya pak?

    BalasHapus
  6. salam sobat,,
    membaca artikel sobat mengenai kedatangan tim penilai kinerja sekolah atau PKS ini,,,saya jadi ingat saat sekolah dulu,asal akan ada PENILAI berkunjung kesekolah ,,semua siswa disuruh bersih2 sekitar lingkungan sekolah,,kerjabakti he,,he..

    BalasHapus
  7. Koq sama yah nyong,...??
    ditempat aku juga kemaren ada team PKS.

    BalasHapus
  8. Saya kalau pemilu mesti noblos PKS
    ee ini PKS untuk sekolah yaa...
    kalau nggak dilombakan nanti nggak semangat

    BalasHapus
  9. Wah..syukur deh mas kalo udah pada beres kerjaannya...
    Oh..ya..saya kira PKS itu yang dimaksud nama partai :D

    BalasHapus
  10. sama mas zipi.. saya pikir Partai PKS.. hehe

    BalasHapus
  11. semoga sekolah kita (pendidikan) semakin mantap
    hehehe
    amiennn

    BalasHapus
  12. siang..wah, sudah abis kali masa votingnya, pak. gak papa deh. yg penting niatnya udah baik mo ngevote si ata.

    BalasHapus
  13. semoga nggak cuma hari itu aja kinerjanya ditingkatin, coz biasanya kalo uda di nilai, pasti uda balik lagi ke biasanya :D

    BalasHapus
  14. semoga makin berkualitas setelah dievaluasi!^^

    BalasHapus
  15. kirain PKS itu nama salah satu partai... hehehehe.. -_-

    BalasHapus

Terimakasih anda telah berkunjung ketempat ini, semoga panjang umur