Sabtu, 27 Maret 2010

UJIAN NASIONAL

Agar pelaksanaan ujian nasional berjalan lancar hari ini inyong pulang kerja agak sore, tak lain mempersiapkan segala administrasi ujian nasional tingkat smp yang akan di slenggarakan mulai hari senin tanggal 29 Maret sampai hari kamis tanggal 1 April 2010.

Ya.. mulai dari membuat susunan panitia, data peserta, denah tempat duduk, nomor meja, daftar hadir peserta, daftar hadir pengawas, rekapitulasi jumlah peserta, rekapitulasi kehadiran, jadwal ujian, jadwal pengawas, daftar hadir pengawas, album foto, tatatertib peserta, tatatertib pengawas, surat pernyataan, berita acara dan lain-lainnya, lumayan agak capek dikit.

Upaya mempersiapkan ujian nasional pagi siswa telah dilakukan oleh para guru pengajar mata pelajaran yang di uji secara nasioanl. Dari memberikan latihan soal-soal dan menambah jam pelajaran sore hari. Setelah itu kurang lebih hampir satu bulan mata pelajaran lain dihentikan dulu, kurun waktu itu dikususkan untuk memberikan mata pelajaran ujian nasioal.

Kalau inyong pikir-pikir ujian nasioanl itu kok kaya sesuatu hal yang sangat amat menakutkan. Kita simak saja dari berita-berita di media masa banyak upaya yang dilakukan pihak sekolah untuk mempersiapkan menghadapi ujian nasional ini. Kayaknya banyak yang ketakutan, takut kalau-kalau siswanya ngga lulus dalam ujian nasioanl.
Nah dari ketakutan-ketakutan dalam ujian nasinal ini apa kira-kira ada yang salah ya dalam proses belajar mengajar. Muridnya yang bodo ngga bisa menguasai materi pelajaran yang diberikan guru sehingga harus diberi jam tambahan belajar atau gurunya yang ngga bisa mentranfer ilmu kepada para siswanya sehingga sampai ketakutan jangan-jangan siswa didiknya ngga lulus ujian nasional. Atau mungkin pemerintah ngga ngerti tentang proses pembelajaran sehingga standar kelulusan itu disamakan baik di kota sampai di pelosok pedesaan. Kita ambil contoh salah satu mata pelajaran misalnya pelajaran bahasa inggris. Dalam belajar bahasa inggris sekolah yang dikota mungkin sudah mempunya fasilitas laboratorium bahasa sehingga siswa bisa belajar dengan lebih baik sedangkan di desa boro-boro laboratorium bahasa, buku bacaan saja masih kurang. Ya ini hanya contoh saja, namanya orang pinter tidak selalu di kota atau di desa .

Bagaimana menurut pendapat teman-teman semua, setujukah adanya ujian nasional ini yang bikin stress para siswa, orang tua dan guru?. Atau setuju karena ujian nasional itu sebagai standar mutu pendidikan nasional.

Bagi sekolah yang siswanya banyak yang lulus mungkin bisa berbangga , “ini hlo…prose belajarnya udah baik”. Tapi ntar dulu ini yang pinter gurunya atau muridnya. Nah bagi sekolah yang siswanya banyak yang ngga lulus bagaimana, yang bodo dan yang pinter siapa?

23 komentar:

  1. mungkin perlu dicari lagi UN bukan hanya sebagai satu2nya syarat kelulusan...

    BalasHapus
  2. moga murid2nya bapak lulus semuanya... hehehe

    BalasHapus
  3. Semoga semua siswanya bapak sukses dalam UN. Amin.

    BalasHapus
  4. yang bodo adalah yang tidak mau belajar hehe....salam kenal dari semarang

    BalasHapus
  5. semoga lulus semuanya yaa. tapi moga juga ada cara lain yg lebih efektif daripada UAN hehehe.

    BalasHapus
  6. Semoga sukses penyelenggaraan UN-nya... dan semoga siswa-2nya lulus semua pak.

    BalasHapus
  7. Itu lah Pak anehnya, jaman dulu pas saya EBTANAS jaman SMP taun 1997 dan SMA taun 2000 perasaan di sekolah saya ga ada tuh heboh2 tentang soal bocor, ato jawaban diperjual-belikan, dll. Pokonya yang aneh2 kaya sekarang ini. ALhamdulillah tuh angkatan saya di SMPN 1 Cilegon 100% siswanya lulus. EBTANAS SMA (saya SMA d Badung) juga alhamdulillah pada lulus semua. Intinya kan belajar dan belajar. Nah kayanya pelajar jaman sekarang males2 makanya ga heran kalo mereka maunya bisa lulus ujian dengan jalan shortcut (tanpa belajar). Dipilihlah jalan yang tidak terpuji itu yaitu dengan membeli soal.

    Btw link udah saya pasang Pak. Thanks atas ijinnya. Oya, semoga sukses yah Pak penyelenggaraan UN nya.

    BalasHapus
  8. mungkin siswanya sekarang kurang temen (rajin) pak guru....btw..moga para siswanya lulus semua pak guru...

    BalasHapus
  9. kalo aku pribadi sih nggak setuju UN, mendingan sekolah yang memutuskan muridnya lulus apa nggak.daripda UN cuma dijadikan ajang buat jual beli soal

    BalasHapus
  10. gmn ujian nasional nya hari ini pak eka?

    BalasHapus
  11. Ujian hari ini lancar-lancar saja mas Aditya

    BalasHapus
  12. Benar juga mas, sulit juga mengukur prestasi lewat UN ini, lebih baik cara lama, nilai yg nentukan pusat, kelulusan yg nentukan pihak sekolah, jd terasa adil dan tdk jd beban pikiran

    BalasHapus
  13. nice info salam kenal dari anak jambi

    BalasHapus
  14. salam sobat
    Ujian Nasional,,,sangat menyibukkan ya mas,sebagai Guru pasti telah mempersiapkan segalanya agar lancar dan sukses.

    BalasHapus
  15. semoga lulus semua,cz saya juga barusan unas SMA

    BalasHapus
  16. Saya merasakan betapa unas menyakitkan karn anak saya tahun lalu nggalk lulus unas padahal nilai sudah terpenuhi di atas rat2 tapi ada 1 pelajaran yang kurang 0,5

    Ikut paket C ternyata waktunya lama dan ternyata nggak lulus gara2 nilai kurang 0,5 pelajaran berbeda dan rata2 sudah di atas minimal.
    Bualan nop ikut ulangan paket C dan akhirnya lulus tapi sampai sekarang ijasah belum jadi.

    Akhirnya sekarang ikut ngulang UNAS SMA

    Kelihatannya Diknas sudah membuat solusi dengan adanya paket C tapi ternyata kondisinya seperti itu.
    Lha kalau standarnya sama kewnapa nggak bisa dikonversi sehingga nggak perlu ngulang paket C toh nilai rata2 sudah di atas standar kelulusan.

    Kemudian dari sisi waktu, terlalu lama hasil pengumuman paket C dan ijasah.

    Kesimpulan: meski ada paket C tetep saja nggak bisa nndaftar kuliah tahun yang sama jika tidak lulus, mau nggak mau yaa nunggu satu tahun
    Hal ini yang tidak diketahui oleh para petinggi Diknas dan Anggota DPR

    Mendingh dikembalikan seperti dulu, ada UNAS tapi kelulusan ditentukan oleh sekolah

    BalasHapus
  17. mampir pak e...
    wah lama g sowan kesini
    waduh sepertinya udah selesai UN nya
    semoga mendapat hasil yang terbaik buat semua
    Sukses Slalu!

    BalasHapus
  18. waha mampir pak e...
    lama g berkunjung disini..
    semoga hasil UN mendapat yg terbaik
    buat semua
    Sukses Slalu!

    BalasHapus
  19. mampir disini blog keren ini ya Om.. sambil nambah wawsan...
    dah lama banget ga main kesini..ternyata ga banyak perubahan yach :D

    BalasHapus

Terimakasih anda telah berkunjung ketempat ini, semoga panjang umur