Sabtu, 03 Desember 2011

HEDONISME

Membaca berita dari antaranews yang berjudul “Gaya hidup hedonis pejabat lestarikan korupsi,” dimana dicontohkan bahwa gaya hidup hedonis yang ditunjukkan bisa dilihat dari barang-barang yang dipakainya, seperti mobil, rumah, dan sebagainya yang kemungkinan justru melebihi gaji yang didapatnya. Inyong jadi pengin tahu apa itu hedonisme.

Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.

Kata hedonisme diambil dari Bahasa Yunani hēdonismos dari akar kata hēdonē, artinya "kesenangan". Hedonisme muncul pada awal sejarah filsafat sekitar tahun 433 SM Hedonisme ingin menjawab pertanyaan filsafat "apa yang menjadi hal terbaik bagi manusia?" Lalu Aristippos dari Kyrene (433-355 SM) menjawab bahwa yang menjadi hal terbaik bagi manusia adalah kesenangan.

Pandangan tentang 'kesenangan' (hedonisme) ini kemudian dilanjutkan seorang filsuf Yunani lain bernama Epikuros (341-270 SM). Menurutnya, tindakan manusia yang mencari kesenangan adalah kodrat alamiah Meskipun demikian, hedonisme Epikurean lebih luas karena tidak hanya mencakup kesenangan badani saja --seperti Kaum Aristippos--, melainkan kesenangan rohani juga, seperti terbebasnya jiwa dari keresahan

Sumber
1. ANTARA news
2. Wikipedia

30 komentar:

  1. dan sekarang gaya hidup hedon udah makin parah. rakyat berlomba2 membeli barang, mencari kesenangan tanpa arah

    BalasHapus
  2. eh,.. habis baca ini jadi mikir lagi. jadi kata kuncinya itu 'kesenangan' ya?? ku kira hedon itu identik dengan pola hidup yang sangat konsumtif.
    ternyata aku salah.
    makasi yaa infonyaa :)

    BalasHapus
  3. intinya suka pada hal2 yg bersifat jasmani ya

    BalasHapus
  4. oh gitu toh jadi intinya hedonisme tuh mengutamakan kesenangan dan kepuasan semata yah..

    BalasHapus
  5. Bisa di bilang hedonisme menjadi 'life style' sekarang, dianggap sah dan wajar serta bagian perkembangan jaman...

    BalasHapus
  6. cuma hanya mencari kesenangan semata ga akan pernah puas dan tak akan pernah puas

    BalasHapus
  7. mencari kesenangan itu memang sangat penting, tetapi jangan sampe kita jadi lupa diri.
    mencari kesenangan pun tidak hanya untuk sekedar memuaskan nafsu ingin puas, tetapi harus berdasarkan hati. :)

    BalasHapus
  8. tapi umumnya orang yg tinggal di kota besar bersifat hedonis lho

    BalasHapus
  9. masih banyak orang yg bersifat seperti itu gan..
    tapi infonya bermanfaat ni menambah ilmu buat saya gan!! hehe

    BalasHapus
  10. memang manusia sekarang cuma hanya mencari kesenangan

    BalasHapus
  11. gg layak menyebut mereka manusia dengan sikapnya yang kotor....

    BalasHapus
  12. udah jadi gaya hidup ,love,peace and gaul.

    BalasHapus
  13. bahkan kita bisa menemukan gaya hedonisme ini di setiap penjuru,,udah nyebar banget gan,,
    terima kasih buat post nya

    BalasHapus
  14. Kebahagiaan itu bukan apa yang diluar sana melainkan apa yang ada didalam hati, begitulah ucapan seseorang :)

    BalasHapus
  15. Bahagia itu bukan apa yang ada diluar sana, melainkan apa yang ada didalam hati, begitu kata orang2 :D, kl hidup bergelimangan harta, tapi jiwa dan hati hampa tidak merasa yang namanya bahagai.. pastinya, Sederhana, Halal itu prioritas utk sebuah kebahagiaan :)

    BalasHapus
  16. wajar saja banyak yang ingin menjadi pejabat pak..

    BalasHapus
  17. kesenangan sama kebahagiaan tu beda atau sama ya?

    kalau saya lebih suka mencari kebahagiaan daripada kesenangan.
    karena setahu saya kesenangan itu kan bersifat sementara/sesaat saja.

    mohon pencerahan, pak Guru :)

    BalasHapus
  18. di kota besar terlalu banyak orang yg punya sifat sperti itu..
    kemungkinan besar yg lainnya terbawa oleh orang itu!!

    BalasHapus
  19. sifat yang wajar bagi setiap manusia sampe yang kelewat batas dengan kesenangannya itu

    BalasHapus
  20. berkunjung.,.,
    bacaan yang menarik,, terima kasih,,

    BalasHapus
  21. Hiks hiks, makanya entah sampe kapan yah Pak Indonesia bisa bebas korupsi??? :-(

    BalasHapus
  22. gaya hidup jaman sekarang....
    hanya mencari kesenangan,kepuasan...

    BalasHapus
  23. kunjungan siang....
    sukses selalu ya :)

    BalasHapus
  24. Dan hedonisme kini kian banyak dianut oleh masyarakat kita bukan, pak?

    BalasHapus
  25. sejarah lama yang makin populer, sekarang rupanya menyerang dunia remaja juga...
    anti hedonisme!!!

    BalasHapus
  26. mulai sekarang jauh-jauh deh sama yg namya HEDONISME..
    merusak bangsa dan negara!!

    anti hedonisme..

    sukses buat blognya pak..

    BalasHapus
  27. sekarang banyak pejabat negara kita yang menerapkan cara hidup hedonisme
    sungguh mengerikan apa yang bakal terjadi dengan negara ini

    blogwalking sambil ngasih follow, follback ya gan

    BalasHapus

Terimakasih anda telah berkunjung ketempat ini, semoga panjang umur