Kamis, 29 Desember 2011

NARSIS

Inyong sering menjumpai kata Narsis baik di dunia blog atau dialam nyata. Kata ini sebetulnya sudah lama inyong jumpai, tapi akhir-akhir ini kok kayaknya sedang ngetren digunakan terutama pada orang yang senang foto atau suka bergaya melalui kamera sehingga membuat inyong ingin mencari sumber bacaan yang dapat inyong percaya untuk mengetahui makna kata narsis ini.

Narsisisme (dari bahasa Inggris) atau narsisme (dari bahasa Belanda) adalah perasaan cinta terhadap diri sendiri yang berlebihan. Orang yang mengalami gejala ini disebut narsisis (narcissist). Istilah ini pertama kali digunakan dalam psikologi oleh Sigmund Freud dengan mengambil dari tokoh dalam mitos Yunani, Narkissos (versi bahasa Latin: Narcissus), yang dikutuk sehingga ia mencintai bayangannya sendiri di kolam. Tanpa sengaja ia menjulurkan tangannya, sehingga ia tenggelam dan tumbuh bunga yang sampai sekarang disebut bunga narsis

Narcissius 'Tahiti'

Seseorang yang narsis biasanya memiliki rasa percaya diri yang sangat kuat, namun apabila narsisme yang dimilikinya sudah mengarah pada kelainan yang bersifat patologis, maka rasa percaya diri yang kuat tersebut dapat digolongkan sebagai bentuk rasa percaya diri yang tidak sehat, karena hanya memandang dirinya lah yang paling hebat dari orang lain tanpa bisa menghargai orang lain.

Ciri-ciri orang penderita narsis
  • Berperilaku emosional dan dramatis,dan dapat juga dikatagorikan kepenyimpangan perilaku yang antisocial.
  • Memiliki perasaan bangga yang berlebihan tentang kehebatan atau keunikan dirinya (membanggakan kemampuannya, kecantikannya atau bakatnya secara berlebihan).
  • Melebih-lebihkan prestasi yang telah dicapainya.
  • Berfokus pada fantasi tentang sukses,kekuatan,kecemerlangan,kecantikan atau mendapatkan cinta dari pasangan ideal.
  • Selalau membutuhkan dan mengharapkan perhatian dan pujian secara terus-menerus.
  • Dalam merespon kritik atau kekalahan dapat berupa marah berlebihan.
  • Memiliki keyakinan bahwa dialah orang yang lebih baik dan istimewa daripada orang lain.
  • Mengarapkan orang lain untuk selalu setuju dengan ide dan rencananya.
  • Tidak bisa memahami emosi dan perasaan orang lain.
  • Suka mengambil keuntungan dari orang lain.
  • Mengekspresikan penghinaan kepada orang-orang yang dianggapnya lebih rendah.
  • Suka cemburu terhadap orang lain.
  • Memiliki keyakinan bahwa orang lain selalu cemburu terhadap dirinya.
  • Sulit menjaga hubungan yang baik dan sehat.
  • Menjadi mudah terluka dan ditolak.
  • Memiliki rasa penghargaan terhadap dirinya sendiri yang rapuh dan lemah.
  • Terlihat seperti orang yang keras hati dan emosional.
  • Memiliki sifat yang congkak angkuh dan sombong.
  • Bisa menjadi sangat marah dan tidak sabar bila tidak mendapatkan perilaku yang istimewa dari seseorang yang diharapkan.
  • Memaksakan untuk memiliki sesuatu yang terbaik.
  • Memiliki perasaan malu dan terhina, dan agar bisa merasa lebih baik, maka akan bereaksi dengan marah,menghina atau meremehkan orang laian.

Apakah anda termasuk Narsis?

Sumber:

18 komentar:

  1. ya memang kata2 narsis ini membuat orang menjadi sujka terhadap yang narsis2 apa lagi cwe paling suka yang narsis2

    BalasHapus
  2. waahh, bunganya cantik yaa pak.. di Indonesia ada gk yaa bunga narsis itu??

    BalasHapus
  3. Narsis yang berlebihan itu memang tidak baik.

    BalasHapus
  4. tul tul. narsis itu memang asalnya dari sono maksudnya, kata narsis.

    BalasHapus
  5. narsis sih boleh-boleh aja, asal masih dalam batas wajar.. :)

    BalasHapus
  6. hemp..untungnya saya bukan termasuk orang yang narsis, heheheh "kali" :p

    BalasHapus
  7. narsis? dikit2 deh. tapi ada banyaktuh blogger yang narsisnya gak ketulungan, dan blogger guru juga ada yang gitu. tahu karena ciri2nya persis ama yang di atas. semoga kita gak narsis ya pak eka, hehehe

    BalasHapus
  8. narsis itu kan kalo kita mau parkir.. dan kita dapat kartu narcis kan. . :D

    BalasHapus
  9. narsis? gue narsis apa ngak sih ? heheh

    blog ny aku follow ya pak,

    BalasHapus
  10. ya,,narsis emang sering sebel lihat orang kaya gituh,,hehe,,terlalu percaya diri,,tapi narsis boleh juga buat diri kita,,hehehe asal dalambatas wajar..

    BalasHapus
  11. saiia jujur masih belum kuat baca kang Sigmund Freud :( masii pemanasan tuk ke arah situ :)

    hmm.. pak guru.. ada bingkisan nii dari saiia :) moga berkenan.. :)

    http://genialbutuhsomay.blogspot.com/2011/12/pr-serba-sebelas-penutup-2011.html

    BalasHapus
  12. dari 21 ciri-ciri orang narsis yang di sebutkan, sepertinya diriku InsyaAllah gak masuk kriteria tersebut #Semoga

    BalasHapus
  13. saya malah pengen punya rasa narsis gan,,hehehe,,
    mungkin karena saya orang yang kurang percaya diri,,

    BalasHapus
  14. kebanyakan orang yang narsis itu disukai banyak orang karena narsis itu bersifat lelucon... mungkin kepercayaan diri timbul dari sifat narsis. hidup narsis!!!

    BalasHapus
  15. hehehe alhamdulillah Pak narsis saya masih bisa dikendalikan ;-)

    Thanks atas ulasannya. Baru tau tentang bunga ituh

    BalasHapus
  16. iya pak,kebanyakan kalau yang nyebut narsis itu kalau hobinya jeprat jepret pake kamera alias poto-poto.tapi narsis juga perlu pak,
    kalau saya alhamdulillah yang biasa aja :D

    BalasHapus
  17. owh baru tao saya kalau kata-kata mnarsis itu kya gto..
    hmmm
    salam kenal dehh..

    BalasHapus
  18. saya narsis....
    anda...??
    :P

    BalasHapus

Terimakasih anda telah berkunjung ketempat ini, semoga panjang umur