Senin, 31 Desember 2012

SERULING PARALON

Sudah lama sebetulnya inyong pengin buat seruling sendiri dari bambu, tapi kayaknya untuk mencari bambu inyong agak kerepotan dan mestinya harus pergi kepinggir desa untuk mendapatkannya. Soalnya disekitar tempat tinggal inyong tidak ada pohon bambu yang bisa untuk membuat seruling adanya cuma bambu hitam atau bambu tali  yang biasa untuk membuat kerajinan.

Daripada repot cari bambu dan kalau sudah dapat harus proses pengeringan dulu, ini akan memakan waktu lama lebih baik inyong pakai paralon saja untuk membuat seruling. Ini lebih menguntungkan inyong karena nyarinya mudah tinggal pergi sebentar ke toko alat bangunan pulang sudah bawa satu batang paralon.

Pipa paralon yang inyong pakai untuk membuat seruling berukuran 1/2 inch dan nada dasar yang inyong buat  adalah nada dasar C. Inyong belum bisa cerita banyak bagaimana proses pembuatannya karena ini masih taraf belajar, biarpun begitu hasilnya lumayan bisa untuk memainkan lagu, karena setiap nada dalam proses membuatnya inyong cocokan/disamakan dengan alat musik pianika.
Gamabar diatas Seruling Paralon buatan inyong dan ini merupakan kebahagian tersendiri bagi inyong karena dipenghujung tahun 2012 inyong bisa membuat seruling.

SELAMAT TAHUN BARU 2013

14 komentar:

  1. Jd inget jaman saya SD dulu, ada yg bikin seruling ini dari paralon lho Pak?

    Dan mengucapkan selamat menyambut 2013 dgn spirit yg lbh baikkk

    BalasHapus
  2. wah kreatif nih. Selamat Tahun Baru ya, pak. Btw, kalo buku dah tiba mohon kabari ya. Makasih.

    BalasHapus
  3. Kreatif juga, selamat tahun baru. Semoga semakin berkah dan sukses !

    BalasHapus
  4. udah lupa bagaimana maen seruling. Keingat masa SMP belajar maen suling :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu sewaktu SMP saya di ajarin cara membuat seruling dari paralon.

      Hapus
  5. Wah boleh tuh nanti di upload hasil suaranya pak ...

    BalasHapus
  6. Kunjungan malam untuk mu..
    rengga-tikus.blogspot.com

    BalasHapus
  7. wah pinter gawe suling ya pak,inyong dadi pingin belajar :)
    tapi inyonge ora bisa nyuling koh

    BalasHapus
  8. asalamualaikum
    kreatif ,paralon bisa jadi seruling bagus bernilai seni pula

    BalasHapus
  9. membuat seruling dari paralon mudah ternyata, tapi kualtas suaranya masih kalah dengan seruling dari bambu.

    BalasHapus
  10. tolong ajarin saya juga donk mas saya pengen bisa niup seruling salam kenal aja.....!

    BalasHapus
  11. kreatif kang....
    :)

    bisa bunyi ga..?

    BalasHapus
  12. Wah ini sangat kreatif.... dan inspiratif.
    Saya bayangkan seruling dari paralon bunyi-nya akan sama karena ukuran besarnya sama, ketimbang dari bambu.
    Cocok banget untuk nambah 1 regu pemain suling, pada regu drum band
    Makasih infonya pak....

    BalasHapus

Terimakasih anda telah berkunjung ketempat ini, semoga panjang umur