Sabtu, 23 Februari 2013

8 KEJANGGALAN KURIKULUM 2013


Pelakasanaan Kurikulum Pendidikan sudah semakin dekat, saya membaca berbagai artikel di web ada yang setuju tentang pelaksanaan kurikulum 2013, tapi ada juga yang kontra dan ada yang minta ditunda dulu pelaksanaan kurikulum 2013

Koalisi Pendidikan bersama Indonesia Corruption Watch (ICW) menemukan delapan kejanggalan pada kurikulum 2013 yang dijadikan pengganti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

  1. Kejanggalan pertama adalah pemerintah menggunakan logika terbalik dalam perubahan kurikulum pendidikan. Pemerintah justru mengubah kurikulum terlebih dahulu baru diikuti dengan revisi Peraturan Menteri dan Peraturan Pemerintah.
  2. Kejanggalan kedua adalah pemerintah tidak konsisten dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Proses perubahan kurikulum ini justru terlihat tidak terencana dan tidak terstruktur. Akibat perubahan kurikulum di luar RPJMN adalah anggaran yang ikut tidak pasti.
  3. Masalah anggaran ini menjadi kejanggalan ketiga dalam kurikulum 2013 ini. Sudah pernah disebut bahwa anggaran perubahan kurikulum ini tidak pernah sama. Pada paparan pertama kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), pemerintah menyebutkan anggaran kurikulum sebesar Rp 684 miliar. Namun kemudian berubah menjadi Rp 1,4 triliun dan naik kembali menjadi Rp 2,49 triliun.
  4. Kemudian kejanggalan keempat adalah tidak ada evaluasi komprehensif terhadap KTSP yang dapat menjadi landasan adanya perubahan kurikulum ini.
  5. Selanjutnya kejanggalan kelima adalah panduan kurikulum yang malah membelenggu kreativitas dan inovasi guru serta penyeragaman konteks lokal.
  6. Kejanggalan keenam adalan target training master teacher yang terlalu ambisius. Hal ini mengacu pada durasi pelatihan dan jumlah guru yang akan dilatih cukup besar.
  7. Kejanggalan ketujuh adalah bahan perubahan kurikulum yang disampaikan pemerintah berbeda-beda.
  8. Kejanggalan terakhir adalah persiapan buku yang jauh dari selesai. Buku yang disiapkan untuk siswa dan guru baru selesai 50 persen. Bahkan untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) buku yang siap baru buku Sejarah dan Matematika saja.

 Sumber

12 komentar:

  1. hadir untuk menyimak kang,salam sehat selalu.

    BalasHapus
  2. teory tukang jahit mas... Kantong dulu digarap baru lengan dan badan.... hhe

    BalasHapus
  3. ooo begituuu ya.. baru ngerti aku Pak'e... apakah murid murid juga kena dampak dari perubahan kurikulum baru ini?? agak khawatir, karena anak saya kelas 3 SD, tapi pelajarannya njlimet amat, beda ama saya dulu.. saya lebih setuju sih kayak sekolah sekolah di luar negeri, yaitu kelas 1 - 4 SD diajarin moral dasar dulu, buang jauh hapalan, dan matematika, moral itu yang penting dulu, dan ditekankan, supaya kalo besar, punya moral, biar bisa diperbaiki tuh moral bangsa kita yang amburadul beginih ya Pak'e ???

    Salam Pak'e, selamat hari minggu...

    BalasHapus
  4. waduh....repot nih urusanya.
    kalo krikulumnya aja ga beres,gimana dengan nasib anak2 nanti ya?
    masa sih kudu disekolahin diluar negri,adol sawah be ya ora cukup lah.
    ujarku siki lah aneh2 bae,pendidikan pun dimanipulasi untuk kepentingan segelintir monyet.
    kon mbawon bae apa enggane anaku yah.

    BalasHapus
  5. hmmmm....
    jangan2 ada yg gak beres dari perencanaannya...
    mendidik generasi muda kok coba2 ya kayaknya...
    :)

    BalasHapus
  6. Oalah... meskipun begitu kurikulum 2013 tetap akan dijalankan ya Pak?
    Yang jelas kan guru2nya belum siap karena langsung dihadapkan dg perubahan tanpa pembekalan yang cukup sebelumnya.
    Mau dibawa kemana pendidikan kita ini?

    BalasHapus
  7. Saya yang mengharapkan akan adanya perubahan yang lebih baik, ternyata yang ada justru kesemrawutan.

    BalasHapus
  8. smg pemerintaah bs kembali meninjau ulang (mengoreksi) keputusanx dan smg semua pihak yg trkait bs saling bekerjasama..

    BalasHapus
  9. Semoga ada perhatian dan keseriusan yang lebih bukan sekedar coba-mencoba. Kasihan anak didik yang menjadi kelinci percobaan.

    BalasHapus
  10. itulah indonesia... negerinya orang2 sinting dan pekokkkkk....

    BalasHapus

Terimakasih anda telah berkunjung ketempat ini, semoga panjang umur