Senin, 16 April 2012

UJIAN NASIONAL

Ujian Nasioanal untuk tingkat SLTA sudah dimulai dan kalau   dilihat  sepintas sungguh  luar biasa persiapannya, berbeda dengan persiapan untuk ujian yang bukan  nasioanl alias ujian sekolah dimana soalnya dibuat  oleh guru sendiri di sekolah. Coba kita merenung sejenak :

  1. Mata  pelajaran Ujian Nasional siswa diminta  melakukan Try Out  (latihan soal ujian)
  2. Mata pelajaran non Nasional tidak  ada Try Out
  3. Mata  pelajaran Ujian Nasional  ada Les atau  penambahan jam pelajaran
  4. Mata pelajaran non Nasional tidak  ada Les atau  penambahan jam pelajaran
  5. Naskah soal Ujian Nasional  digandakan di Percetakan
  6. Naskah soal Ujian non Nasional  digandakan sendiri  oleh sekolah
  7. Dalam menjaga  kerahasiaan soal Ujian Nasional  melibatkan aparat keamanan
  8. Naskah soal Ujian non Nasional  tidak ada penjagaan kusus
  9. Dalam menghadapi Ujian Nasional ada  acara doa bersama
  10. Dalam menghadapi Ujian non Nasional tidak ada acara doa bersama
  11. Dll
Jika kita lihat secara tidak langsung  sebetulnya sudah menbedakan anatara pelajaran yang di ujikan secara nasional dan tidak. Sikap anak pun dalam menyikapi pelajaran sebetulnya berbeda, mereka beranggapan bahwa  mata pelajaran UN lah yang lebih penting ketimbang non UN dan ini sangat berpengaruh  dalam pola belajar sehari-hari.
Mudah-mudahan dimasa mendatang semua  mata pelajaran bisa diujikan secara nasioanl, sehingga tidak menimbulkan perbedaan antara mata pelajaran Nasional dan bukan Nasional, sebab  keberhasilan pendidikan tidak diukur hanya pada mata pelajaran tertentu saja melainkan secara keseluruhan.
Jika tulisan ini  tidak berkenan mohon maaf, mau dikurangi  boleh mau ditambah juga boleh 

16 komentar:

  1. amin...mudah2an bisa tercapai penilaian secara keseluruhan ...sehingga penilaian lebih obyektif

    BalasHapus
  2. perbedaan itu bisa jadi karena sudah dibenturkan pada paradigma un dan bukan un... sehingga mindset setiap siswa bahkan guru.. sudah tercipta dengan sendirinya...

    BalasHapus
  3. tidaaaaaaaaaak . . .
    kalau tahun depan semua mata pelajaran di UN kan, yang sengasa adalah saya . . .

    BalasHapus
  4. Jaman sekolah saya dulu Ebtanas namanya Pak, trs gak heboh banget kayak sekarang. Apa modelnya yg sangat berubah kali ya...

    BalasHapus
  5. entahlah, ini salah satu upaya pemerintah dalam menanggulangi masalah pendidikan di nusantara, semoga saja bisa berjalan sesuai dengan baik tanpa ada kecurangan seperti yg sudah2 dan semoga saja bisa lebih baik kedepannya

    BalasHapus
  6. klo aku dulu pas ujian jangankan mikirkan soal mikirin paket aja ruet banyak macamnya .... menurutku bangsaku hanya sekedar menambah pusing dan panik paket dipisah2 salam satu ruangan :)
    http://insanicita.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. Untung aku masih kelas 1 sma jadi belum mersakan Ujian Nasional...

    BalasHapus
  8. wah, skrg lg musim UN ya..
    semoga yg lg menghadapi UN, bs lancar2 aja..
    ingatlah,"hadapi dgn senyuman"

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok musim sih, Kang? :)
      Kepada adik-adik yang sedang mengikuti UN, semoga hasilnya maksimal dan memuaskan. Amin.
      benar kata Kang Penghuni 60, hadapi dengan senyuman.

      Hapus
  9. Hihihi iya ya, baru ngeh...
    Dulu pas aku SMA juga kesannya guru pengen banget gitu sekolahnya jadi nomer satu dari nilai UN Nasional :(

    BalasHapus
  10. met pagi mas , berkunjung lagi,,,, moga murid bapak lulus semua

    BalasHapus
  11. udah susah nyari yg jujur dan adil , soalnya sekarang rata2 sekolah cuma pengen ngedongkrak popularitas dari nilai UN yg tinggi .
    ujung2 nya kan jadi menghalalkan segala cara yg penting nilai nya pada gede ...

    BalasHapus
  12. hmmmmmm....
    yg jd masalah adalah nilai moral kejujuran siswa...
    itu jg seharusnya diuji..
    :)

    BalasHapus
  13. met hari senin, pak. met beraktivitas

    BalasHapus
  14. amin mudah"an kecapai pa ahahahaha :)

    BalasHapus

Terimakasih anda telah berkunjung ketempat ini, semoga panjang umur