Rabu, 09 Januari 2013

SEKOLAH RSBI DIBUBARKAN


Mahkamah Konstitusi (MK) telah  membatalkan pasal 50 ayat (3) Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sitem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).  Isi pasal 50 ayat 3 adalah, “Pemerintah dan/atau Pemerintah Daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan yang bertaraf internasional”.

Dengan demikian, status Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) di sekolah-sekolah tetentu dibatalkan. Pasal tersebut selama ini menjadi dasar penyelenggaraan RSBI.

RSBI/SBI dinilai menimbulkan perlakuan diskriminatif di dunia pendidikan, sehingga dianggap bertentangan dengan prinsip konstitusi. Hanya anak-anak orang kaya saja yang bisa masuk ke RSBI karena biaya yang lebih tinggi dibanding sekolah reguler.

Selain itu keberadaan RSBI/SBI berpotensi menjauhkan dunia pendidikan dengan jati diri bangsa. Hal ini didasarkan pada fakta penggunaan bahasa asing yakni bahasa Inggris dalam setiap jenjang pendidikan.


sumber :akilmochtar

18 komentar:

  1. Pertamax ya hiheiheiheiheiee. RSBI bubar ya. Nah kalau di Pontianak sendiri sudah ada sekitar 19 RSBI di Kalbar yang sudah gulung tikar alias Bubar.

    Sebanyak 19 Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) di Kalimantan Barat kemungkinan sih akan segera bubar. Sekolah-sekolah tersebut akan kembali seperti sekolah biasa atau reguler.

    BalasHapus
  2. BUkannya saya gak mndukung program RSBI, tapi pd prakteknya RSBI mmg bnyk unusr biayanya yg dmajukan [mahal],

    BalasHapus
  3. iya beritanya lagi heboh tuh di koran

    BalasHapus
  4. oo begitu to maksudnya, RSBI itu sekolah khusus. bukan kelas khusus yaa mas guru..

    BalasHapus
  5. msh byk ko murid2 yg bkan dr RSBI tp pintar2..., RSBI itu menciptakan 'jurang' antara si miskin dan si kaya...

    BalasHapus
  6. rsbi itu hrus dfhmkn n dtrpkn dgn lbih baik lg..

    BalasHapus
  7. RSBI hanya buat nambah biaya ja alasan memintarkan banyak yg pintar tapi gak di perhatikan pemerintah ..hahhaha

    BalasHapus
  8. sengsaralah orang kaya...

    hahhaa...

    BalasHapus
  9. nice day :)
    hargailah hari kemaren,
    mimpikanlah hari esok,
    tetapi hiduplah untuk hari ini.
    bagi-bagi motivasinya yaah...

    http://wisataoutboundmalang.com/

    BalasHapus
  10. sekolah saya juga dibubarkan rsbi nya om. Dan temen-temen sangat senang akhirnya belajar nggak pake bahasa inggris lagi, muehehe...

    BalasHapus
  11. yg penting mutu sekolah yg ada sekrang harus memberikan bermanfaat bagi anak2 didik kita :)

    BalasHapus
  12. lama gk update ni pak.., tampakx lg sibuk ni.. *smile

    BalasHapus
  13. Memang biasanya kalau sudah menyandang RSBI, bayaran sekolah menjadi mahal, kasihan dach yang tak mampu, selain itu anak-anak yang sekolah di situ merasa lebih ekslusif,

    BalasHapus
  14. waaah update template baru nii....
    :)
    coool...

    BalasHapus
  15. Aku setuju sih, gara2 ada label RSBI itu, sekolah2 unggulan jadi mahal banget, dan seakan2 cuma milik orang berduit. Kayaknya sih... :D

    Ada lomba baca puisi kecil2an nih Pak. Ikutan ya... :D

    http://deidesuriya.blogspot.com/2013/01/lomba-baca-puisi.html

    BalasHapus
  16. (RSBI) Rintisan Sekolah Besar Iuranya hehehee

    BalasHapus

Terimakasih anda telah berkunjung ketempat ini, semoga panjang umur