Sabtu, 20 September 2014

RPP PENJAS KURIKULUM 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan          : SMP Negeri 1 Pagedongan
Mata Pelajaran                : Pendidikan Jasmani OLahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester               : VII/1
Tema/Topik                    : Teknik DasarPassing Bawah Bola Voli
Alokasi Waktu                : 6 X 40 menit  (2 x pertemuan)


A.     KOMPETENSI INTI :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1 Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
         a.     Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
        b.     Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir
         c.     Membiasakan berperilaku baik dalam berolahraga dan latiahan
1.1  a. 1. Memanjatkan doa sebelum pelajaran
           2. Memanjatkan sesudah    pelajaran
1.1.b. 1. Jika kalah tetap bersyukur dan terus
               berlatih
           2  Jika target belajar tercapai, tetap     
  bersyukur dan terus berlatih
1.1.   c. 1. Selalu ramah dengan cara senyum, salam, dan sapa pada semua teman
     2. Selalu berjabat tangan bila terjadi
kesalah fahaman
2
1.1      Disiplin, dan kerjasama selama melakukan berbagai aktivitas fisik


1.2      Tanggungjawab selama melakukan berbagai aktivitas fisik




1.3      kerjasama selama melakukan berbagai aktivitas fisik


1.2.1 Hadir tepat waku
1.2.2 mengikuti seluruh proses pembelajaran
1.2.3 Mentaati prosedur kerja sesuai peran
1.2.4        Selesai tepat waktu

1.3.1         Berupaya menyelesaikan tugas yang diberikan
1.3.2         Menggunakan waktu secara efektif dan efisien   
        dalam mengeerjakan tugas
1.3.3         Menjlankan peran pengamat secara suka rela
1.3.4         Melaporkan setiap peristiwa yang memerlukan  
penanganan guru

1.4;1 Sebagai anggota melibatkan diri dan   
         mengambil peran secara aktif dalam kelompok
1.3.2         Sebagai anggota kelompok berbagi tugas   
         dengan  anggota lain (tidak mendominasi)
1.4.3 Tidak mengganggu peserta didik lain
1.4.4 Membantu mempersiapkan dan merapikan

3
3.3 Memahami konsep pengetahuan gerak fondamental permainan bola besar

3.3.1 Menjelaskan gerakan servis bawah dalam permainan bola voli
3.3.2 Menjelaskan gerakan passing bawah dan passing atas dalam bola voli

4
4.1 Mempraktikan teknik dasar permainan bola besar dengan menekankan gerak dasar fondamental
4.1.1 Melakukan teknik dasar servis bawah bola  
         besar melalui permainan bola voli
4.1.2 Menggunakan teknik dasar pasing bawah
        Dan passing atas permainan bola besar dalam    
         permainan bola  voli



C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Peserta didik melakukan do’a sebelum dan sesudah melakukan permainan bola voli
2.      Peserta didik menunjukan perilaku baik dengan melakukan permainan bola voli
3.      Peserta didik bersikap sportif berbagi tempat dan alat dan menghargai orang lain
4.      Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai teknik dasar  servis bawah permainan bolavoli
5.      Peserta didik mendiskusikan dan mencari bahan untuk mengambil kesimpulan tentang pasing bawah dan atas dalam bola voli
6.      Peserta didik dapat menjelaskan konsep teknik dasar pasing bawah dan atas melalui permainan bola voli
7.      Peserta didik dapat melakukan teknik dasar servis bawah permainan bola besar melalui permainan bola voli dengan latihan yang dipandu dengan lembar kerja secara berpasangan
8.      Peserta didik dapat melakukan teknik dasar pasing bawah dan passing atas permainan bola besar dalam permainan bola voli dengan latihan yang di pandu dengan lembar kerja secara berpasangan dan kelompok


D.     MATERI PEMBELAJARAN
Pembelajaran Teknik Dasar Permainan bolavoli
1.      Pembelajaran teknik dasar servis bawah, passing bawah,dan passing atas
2.      Bermain bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi.

E.      METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan              :  saintifik ( scientific )
2.      Model                      :  problem bassed learning
3.      Gaya mengajar        :  resiprokal

F.      MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media :
-             Vidio,
-             Gambar permainan bola voli
2.Alat
-             Bola voli
-              Rafia
-              Peluit
3.Sumber Belajar :
-             Kemendikbud, Buku Pegangan guru Penjasorkes kelas VII , 2014, Kemendikbud, Jakarta
        Hal : 21 -25


G.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1

KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU


Pendahuluan
1. Berbaris
Peserta  didik dibariskan 2-4 bersaf, peserta didik yg tinggi di sebelah kanan
2. Presensi
Mengecek kehadiran peserta  didik dan menanyakan kesehatan peserta didik secara umum
3. Berdoa
Peserta didik dipimpin berdoa sesuai dengan kepercayaan dan agama masing-masing
4. Apersepsi
Guru membuka pelajaran untuk membangkitkan motivasi peserta didik dengan cara:
a.    Mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari guna mengetahui seberapa jauh kompetensi awal peserta didik pada materi yang akan dipelajari sekaligus untuk mengaitkan materi pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
b.    Menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang akan dipelajari
5. Pemanasan
Menugaskan peserta didik untuk melakukan penguluran (Stretching) yang dimulai dari gerakan kepala menuju ke arah kaki, dengan hitungan masing-masing bagian item gerakan 2 x 8 hitungan. Diupayakan gerakan pemanasan lebih banyak difokuskan pada pemanasan di pinggul dan kaki dengan menggunakan game, caranya:
Peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok untuk melakukan permainan betengan karena permainan betengan banyak menggunakan aktivitas kaki.

12 menit

Inti
Mengamati
-          Membaca informasi tentang gerak fundamental permainan bola voli ( servis bawah)
-          Mencari informasi tentang gerak fundamental permainan bola voli (passing bawah) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik, atau
-          Mengamati pertandingan bolavoli secara langsung dan atau di TV/Video dan membuat catatan tentang gerak fundamental permainan bolavoli


Menanya

-          Guru menanyakan tentang manfaat permainan bolavoli terhadap kesehatan dan otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan bolavoli.
-           Guru menanyakan tentang gerak fundamental bola voli pasing bawah,
-           Peserta didik menanyakan : bagaimana jalannya bola jika titik perkenaan bola dengan tangan dirobah saat melakukan passing? Apakah posisi togok mempengaruhi peregerakan bola saat melakukan passing bawah?
Mengeksplorasi
-          Guru memberikan bola kepada peserta didik untuk melakukan pasing bawah permainan bola voli
-          Peserta didik melakukan servis dan pasing bawah dengan berbagai cara dengan menunjukkan nilai disiplin
-          Peserta didik mendiskusikan teknik servis dan pasing bawah yang telah dilakukan
-          Peserta didik melakukan servis bawah dan passing bawah dengan berbagai cara secara individu, berpasangan , atau berkelompok dengan menunjukkan nilai disiplin, tolerensi dan kerjasama dengan saling mengamati gerakan teman dalam satu kelompok.
-          Peserta didik  mendiskusikan gerak fundamental permainan bola voli (servis, passing bawah) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
-          Peserta didik menampilkan hasil diskusi servis dan pasing bawah bola voli secara individu dan berpasangan dalam kelompok


Mengasosiasi:
-          Menemukan gerak fundamental permainan bola voli ( servis dan passing bawah) yang paling sesuai untuk kebutuhan sendiri
-          Mencari hubungan antara titik perkenaan bola dengan tangan dan jalannya bola
-          Mencari hubungan antara jenis passing dengan sasaran yang hendak di capai
-          Mencari hubungan antara permainan bolavoli dengan kesehatan dan kebugaran tubuh
Mengomunikasikan :
-          Peserta didik mempresentasikan pasing bawah bola voli
-          Melakukan permainan bola voli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan menerapkan gerak fundamental permainan bola voli (passing bawah) serta menunjukkan sportif, kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
-          Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam menggunakan dan merawat peralatan peramaian
-          Menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
-          Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan
-          Mendiskusikan dan membuat kesimpulan tentang keterampilan gerak permainan bolavoli secara sederhana berkelompok dengan menunjukkan kerjasama
90 menit

Penutup
-      Evaluasi
-      Pendinginan dengan peregangan statis melalui pendekatan permainan
-      Melakukan refleksi dengan tanya jawab, tugas memberikan informasi materi pertemuan selanjutnya
-      Berdo’a sebelum dibubarkan.
18 menit

Pertemuan 2

KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU


Pendahuluan
1.      Berbaris
Peserta  didik dibariskan 2-4 bersaf, peserta didik yg tinggi di sebelah kanan
d.     Presensi
Mengecek kehadiran peserta  didik dan menanyakan kesehatan peserta didik secara umum
e.     Berdoa
Peserta didik dipimpin berdoa sesuai dengan kepercayaan dan agama masing-masing
f.     Apersepsi
Guru membuka pelajaran untuk membangkitkan motivasi peserta didik dengan cara:
c.    Mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari guna mengetahui seberapa jauh kompetensi awal peserta didik pada materi yang akan dipelajari sekaligus untuk mengaitkan materi pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
d.   Menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang akan dipelajari
g.     Pemanasan
Menugaskan peserta didik untuk melakukan penguluran (Stretching) yang dimulai dari gerakan kepala menuju ke arah kaki, dengan hitungan masing-masing bagian item gerakan 2 x 8 hitungan. Diupayakan gerakan pemanasan lebih banyak difokuskan pada pemanasan di pinggul dan kaki dengan menggunakan game, caranya:
Peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok untuk melakukan permainan betengan karena permainan betengan banyak menggunakan aktivitas kaki.

12 menit

Inti
Mengamati
-          Membaca informasi tentang gerak fundamental permainan bola voli ( servis bawahdan atas )
-          Mencari informasi tentang gerak fundamental permainan bola voli (passing bawah dan atas ) dari berbagai sumber media cetak atau elektronik, atau
-          Mengamati pertandingan bolavoli secara langsung dan atau di TV/Video dan membuat catatan tentang gerak fundamental permainan bolavoli


Menanya

-          Guru menanyakan tentang manfaat permainan bolavoli terhadap kesehatan dan otot-otot yang dominan yang dipergunakan dalam permainan bolavoli.
-           Guru menanyakan tentang gerak fundamental bola voli pasing bawah,
-           Peserta didik menanyakan : bagaimana jalannya bola jika titik perkenaan bola dengan tangan dirobah saat melakukan passing? Apakah posisi togok mempengaruhi peregerakan bola saat melakukan passing bawah?
Mengeksplorasi
-          Guru memberikan bola kepada peserta didik untuk melakukan pasing bawah permainan bola voli
-          Peserta didik melakukan  pasing bawah dan atas dengan berbagai cara dengan menunjukkan nilai disiplin
-          Peserta didik mendiskusikan teknik  pasing bawah dan atas yang telah dilakukan
-          Peserta didik melakukan passing bawah dan passing atas dengan berbagai cara secara individu, berpasangan , atau berkelompok dengan menunjukkan nilai disiplin, tolerensi dan kerjasama dengan saling mengamati gerakan teman dalam satu kelompok.
-          Peserta didik  mendiskusikan gerak fundamental permainan bola voli (passing bawah dan atas ) dengan benar dan membuat kesimpulannya.
-          Peserta didik menampilkan hasil diskusi servis dan pasing bawah  dan atas bola voli secara individu dan berpasangan dalam kelompok
Mengasosiasi:
-          Menemukan gerak fundamental permainan bola voli ( passing bawah dan atas) yang paling sesuai untuk kebutuhan sendiri
-          Mencari hubungan antara titik perkenaan bola dengan tangan dan jalannya bola
-          Mencari hubungan antara jenis passing dengan sasaran yang hendak di capai
-          Mencari hubungan antara permainan bolavoli dengan kesehatan dan kebugaran tubuh
Mengomunikasikan :
-          Peserta didik mempresentasikan pasing bawah dan atas bola voli
-          Melakukan permainan bola voli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan menerapkan gerak fundamental permainan bola voli (passing bawah dan atas) serta menunjukkan sportif, kerjasama, bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
-          Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam menggunakan dan merawat peralatan peramaian
-          Memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan
-          Mendiskusikan dan membuat kesimpulan tentang keterampilan gerak permainan bolavoli secara sederhana berkelompok dengan menunjukkan kerjasama
90 menit

Penutup
-      Evaluasi
-      Pendinginan dengan peregangan statis melalui pendekatan permainan
-      Melakukan refleksi dengan tanya jawab, tugas memberikan informasi materi pertemuan selanjutnya
-      Berdo’a sebelum dibubarkan.
18 menit

H.    PENILAIAN
 Rubrik Penilaian Sikap
1.      Kompetensi Sikap Spiritual& Sosial
a.      TeknikPenilaian: Observasi, Penilaian Sejawat
b.      Bentuk Instrumen: Lembar observasi
c.       Kisi-kisi:
No.
Sikap spiritual
Butir Instrumen

  1.  
Berdoa sebelum melakukan aktivitas
1

  1.  
Berdoa  sesudah melakukan aktivitas
2

  1.  
Semangat berlatih
3

  1.  
Tidak putus asa jika menemui kesulitan
4

  1.  
Menggunakan pakaian dan sepatu olahraga
5

  1.  
Mengucapkan salam kepada guru
6

Sikap sosial


  1.  
Tanggung jawab terhadap alat
1, 2

  1.  
Tanggung jawabdiri dan orang lain
3, 4

  1.  
Menghargai
5, 6

  1.  
Kerjasama
7, 8

1.         Pengetahuan
                                   a.            TeknikPenilaian: tes tertulis
                                   b.            Bentuk Instrumen: daftar pertanyaan
                                   c.            Kisi-kisi:
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Menjelaskan sikap awalan dalam melakukan servis bawah
1
2.
Menjelaskan cara melakukan passing bawah
2
3.
Menjelaskan cara melakukan passing atas
3



 Instrumen: lihat Lampiran 2
2.         Keterampilan
a.        TeknikPenilaian:Observasi
b.        Kisi-kisi:
No.
Keterampilan
Butir Instrumen

  1.  
Melakukan gerakan servis bawah
1,

  1.  
Melakukan gerakan passing bawah
2

  1.  
Merangkai gerakan passing atas.
3
Instrumen: lihat Lampiran 3          


                                                                                  Banjarnegara,       Juli 2014 
Menyetujui:                                                               
Kepala SMP N1 Pagedongan                                                Guru Mata Pelajaran



.................................................                                                 ................................................


Lampiran 1 Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial:
Lembar Observasi Sikap Spiritual
No.
Perilaku yang diharapkan
Pengamat
Teman
Guru
1.
Berdoa sebelum memulai suatu aktivitas


2.
Berdoa sesudah melakukan aktivitas


3.
Semangat saat berlatih


4.
Tidak putus asa saat menemui kesulitan


5.
Menggunakan pakaian olahraga yang santun saat pembelajaran penjasorkes


6.
Mengucapkan salam pada guru



Jumlah skor maksimal : 24


            Nilai sikap spiritual =  Jumlah skor : Jumlah skor maksimal  X 4
Lembar Observasi Sikap Sosial
No.
Perilaku yang diharapkan
Pengamat
Teman
Guru
1.
Mengembalikan alat-alat olahraga ke tempat semula


2.
Menjaga peralatan agar tidak rusak


3.
Berhati-hati atas keselamatan diri dalam melakukan latihan


4.
Menjaga keselamatan teman dalam latihan


5.
Merespon dengan baik penampilan orang lain


6.
Menerima masukan hasil observasi dengan baik


7.
Bekerjasama dengan kelompok menyelesaikan tugas


8.
Bersama kelompok merumuskan konsep rangkaian dalam senam lantai



Jumlah skor maksimal = 32


           
Nilai sikap sosial =  Jumlah skor : Jumlah skor maksimal  x  4
Petunjuk PenilaianSikap Spiritual dan Sosial :
SKOR
Kategori
4
Selalu  (jika secara terus menerus melakukan perilaku yang diamati)
3
Sering (jika cenderung lebih banyak melakukan aspek yang diamati)
2
Kadang-kadang  (jika cenderung lebih sedikit melakukan aspek yang diamati)
1
Tidak pernah ( jika tidak pernah melakukan aspek yang diamati)

Rubrik Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial
RENTANG SKOR
NILAI
NILAI KUALITATIF
3,33 < Skor ≤ 4,00
SB
Sangat Baik
2,33 < Skor ≤ 3,33
B
Baik
1,33 < Skor ≤2,33
C
Cukup
Skor ≤ 1,33
K
Kurang


Lampiran 2 Pengetahuan
Instrumen Penilaian Pengetahuan Rangkaian gerak dasar servis, passing atas dan bawah
No.
Butir Pertanyaan
Kualitas Jawaban
1
2
3
4
1.
Menjelaskan sikap awalan dalam melakukan servis bawah




2.
Menjelaskan cara melakukan passing bawah




3.
Menjelaskan cara melakukan passing atas





Jumlah skor maksimal = 12





Nilai Pengetahuan = Jumlah skor yang diperoleh : jumlah skor maksimal x 4
Kriteria konsep gerakan servis
1.      Posisi kaki kiri di depan
2.      Bandan condong kedepan
3.      Bola berada di samping badan
4.      Tangan lurus pada saat perkenaan bola

Kriteria gerakan passing bawah
1.      Kaki sedikit ditekuk
2.      Tangan lurus di depan
3.      Salah satu kaki agak maju
4.      Perkenaan bola tepat pada tangan

Kriteria gerakan passing atas
1.      Kaki agak di tekuk
2.      Tangan berada diatas kepala
3.      Perkenaan bola di ujung jari
4.      Meluruskan badan sambil mendorong bola

Petunjuk Penilaian
SKOR
KETERANGAN
4
Jika jawaban memenuhi4 kriteria
3
Jika jawaban memenuhi 3 kriteria
2
Jika jawaban memenuhi2 kriteria
1
Jika jawabanmemenuhi 1 kriteria

Lampiran 3 Keterampilan
Instrumen Penilaian keterampilan gerak dasar servis, passing bawah dan atas
No.
Butir Pertanyaan
Kualitas Jawaban
1
2
3
4
1.
Melaukan  sikap awalan dalam melakukan servis bawah




2.
cara melakukan passing bawah




3.
cara melakukan passing atas





Jumlah skor maksimal = 12





Nilai Pengetahuan = Jumlah skor yang diperoleh : jumlah skor maksimal x 4
Kriteria konsep gerakan servis
b.      Posisi kaki kiri di depan
c.       Bandan condong kedepan
d.      Bola berada di samping badan
e.       Tangan lurus pada saat perkenaan bola


Kriteria gerakan passing bawah
a.      Kaki sedikit ditekuk
b.      Tangan lurus di depan
c.       Salah satu kaki agak maju
d.      Perkenaan bola tepat pada tangan

Kriteria gerakan passing atas
a.      Kaki agak di tekuk
b.      Tangan berada diatas kepala
c.       Perkenaan bola di ujung jari

d.      Meluruskan badan sambil mendorong bola

3 komentar:

  1. wow...
    request saya beneran di share disini. terimakasih Pak. kemarin saya ikut pelatihan kurikulum 2013 cuma problemnya disana dijadikan satu dengan guru kelas. makanya saya kebingungan bikin RPP penjaskes.

    BalasHapus
  2. sangat lengkap sekali pak rpp penjaskes nya, cocok ini untuk para guru yang sedang hunting rrp penjas :)

    ikutan lomba yuk di situs dicuekin.com :)

    BalasHapus
  3. komplit banget pak.. boleh di contoh nih..

    BalasHapus

Terimakasih anda telah berkunjung ketempat ini, semoga panjang umur