Selasa, 16 Juni 2009

MEMBUAT LIMPUNG

Ini makanan kesukaanku yang pernah aku ceritakan dalam postingan obrolan gareng petruk beberapa waktu lalu.Kali ini aku bagikan cara membuatnya dan kusus buat mereka-mereka yang ngga pernah kena asap dapur aliyas gaptek kompor wkkkwkkk….. Asal mau coba pasti bisa yang penting ni perut diem ngga kelaperen.Mau coba? Ikuti saja…
BAHAN; Ketela Pohon
BUMBU; Garam,Bawang Putih, Ketumbar
A. Mengolah Bahan
1. Ambil kira-kira tiga buah ketela pohon yang agak besar
2. Kupas dan cuci bersih
3. Potong kira-kira jadi tiga bagian
4. Belah jadi dua masing-masing potongan
5. Kukus hingga matang kemudian dinginkan
B. Menyiapkan Bumbu
1.Garam secukupnya
2.Tiga siung bawang putih
3. Satu sendok teh ketumbar/secukupnya

Ketiga bumbu tersebut dihaluskan kemudian dikasih air secukupnya kemudian campurkan pada ketela pohon lalu goreng hingga matang
Nah… Jadi sudah apa yang disebut ketela goreng atau didaerah ku Purbalingga disebut Limpung.

Bagi yang bener-bener gaptek memasak atau ngga pernah kena asap dapur ada resep yang praktis nih..,setelah ketela pohon dikupas dan cuci berih kemudian potong-potong terus kasih garam lalu goreng.Dah buat obat perut laper end tanggung kenyang. Hahaha……..

Oya…untuk ujud pohonnya barang kali ada yang belum tahu akan aku postingkan yang akan datang

16 komentar:

  1. Wah,,,,, mau coba aahh....
    Soorry Bang baru bisa mampir.....

    BalasHapus
  2. Heheheheh, keknya masaknya mudah ya....siiip ntar kapan2 barang kali sempet buat limpung khas purbalingga..

    BalasHapus
  3. aku gak mau nyoba, tp aku minta jadiNya aja yahhh :p

    BalasHapus
  4. Kalau nggak sempet dikukus bisa lho mas, caranya singkongnya dibelah kecil, pas nggoreng ditutup maka hasilnya hampir mirip. Memang lebih bagus dikukus dulu, tapi kalau kepepet kan bisa dicoba

    BalasHapus
  5. Nice sharing ...
    Perlu dicoba juga nih.

    BalasHapus
  6. pohon ketelanya mas?
    duh aku uda bosan makan ketela mas... bosen... di rumah banyak soalnya. wkwkwkkw

    BalasHapus
  7. Namanya LIMPUNG tpi gak bikin orang kelimpungan kan klo udh makan?
    Bahannya mudah di dapat dan kelihatannya cara masaknya lumayaan gampang.
    Kapan2 boleh diparaktekkan ni..

    BalasHapus
  8. kirain artinya kelimpungan.he he he..kayaknya asik tuh. aku suka ketela lho. saking sukanya ampe suka keselak kalo makan ketela. he heh e

    BalasHapus
  9. kirain artinya kelimpungan.he he he..kayaknya asik tuh. aku suka ketela lho. saking sukanya ampe suka keselak kalo makan ketela. he heh e

    BalasHapus
  10. aku mw yg siap sajinya aja deh ya...
    gpp kan? boleh kan? hehehehe....
    mana??mana??kok ga ada...??

    *peace!!*

    BalasHapus
  11. Aduh mas enak tuch mas...
    aku org banyumas.
    boleh donk saling share..

    email: ruswanbms@gmail.com


    Thanks,


    ruswan

    BalasHapus
  12. weh mas....namanya kog LIMPUNG yah??? ada sejarahnya gitu??? bingung aku

    BalasHapus
  13. saya makan limpung setahun sekali mas, pas mudik ke jawa tengah.

    BalasHapus

Terimakasih anda telah berkunjung ketempat ini, semoga panjang umur