Rabu, 15 Juli 2009

MOS (MASA ORIENTASI SISWA)

Selesai sudah Masa Orientasi Siswa atau biasa disebut MOS selama tiga hari.Sebetulnya aku mau posting soal MOS pada hari pertama kemaren,tapi karena blogku masih kacau balau ya aku posting aja di hari terakhir.

Latar belakang diadakannya MOS sebetulnya sebagai upaya menjebatani siswa baru mengenal berbagai kekhususan dari jenjang pendidikan barunya,baik berupa lingkungan fisik,lingkungan social dan cara belajar yang berbeda dengan lingkungan pada jenjang pendidikan sebelumnya.Salah satu contohnya misalkan pada waktu di Sekolah Dasar siswa dihadapkan pada satu guru mengajar beberapa disiplin Ilmu sedang di SMP siswa dihadapkan pada satu guru mengajar satu bidang disiplin Ilmu.Disini siswa belajar mengenal masing-masing karaker guru yang berbeda-beda baik sifat,cara mengajar dan lain sebagainya.
Dasar yang dipakai untuk mengadakan MOS adalah Keputusan Bersama dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Departemen Agama serta Rapat Dinas Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru di sekolah.

Kemudian Tujuan diadakan MOS adalah untuk memberikan kesan yang positif dan menyenangkan kepada siswa baru di lingkungan sekolah yang baru
Nah..apa saja yang diberikan dalam MOS
1. Wawasan Wiyata Mandala (Mengenal lingkungan sekolah secara lengkap)
2.Tata Krama Siswa
3. Diskusi Aktual tentang berbangsa dan bernegara
4. Cara belajar yang baik dan mengenal Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
5.Upacara Bendera dan lagu-lagu Nasional.

Nah…gitu kira-kira yang diberikan pada Masa Orientasi Siswa baru atau MOS.Makasih….

10 komentar:

  1. Sebenarnya tujuan diadakannya MOS itu sangat bagus sekali Bro ... hanya saja namanya juga anak-anak ..kalau kurang diawasi ..bisa-bisa ekses negatifnya malah yang muncul.
    nice sharing...

    BalasHapus
  2. kalau MOS disalahgunakan malah bikin anak stress dan trauma.

    BalasHapus
  3. MOs aku juga mau posting tentng mos ahhhhhhhh,,yang barusan ku dengar tadi hehehhe,padahal ngga pernah ikutan :P

    BalasHapus
  4. uuuuuuuuughhh... wawasan wiyata mandala... udah lama banged gag denger kata-kata itu lagi :(
    mklum uda bau tanah ini :p

    BalasHapus
  5. Wahaha.... ganti tema nih, nice Bro!

    BalasHapus
  6. tapi aku dulu MOS koq menyebalkan yah...pake acara dimarah2in senoir...boro2 kenal ma lingkungan, isinya sakit ateee! huehehehe...tapi itu dulu :P

    BalasHapus
  7. aku lebih suka MOS drpd ospek.. klw ospek bikin makan hati sm senior... ga bisa tepe-tepe sm senior kayak MOS. huahahaha...

    BalasHapus
  8. makasih info nya...jadi inget dulu waktu mos nih...heheheh

    BalasHapus

Terimakasih anda telah berkunjung ketempat ini, semoga panjang umur