Rabu, 19 Agustus 2009

MUSIK KENTHONGAN

Musik Kenthongan yang dimainkan siswa SMP Negeri 1 Pagedongn meriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia.Permainan music ini ditampilkan setelah selesai Upacara Peringatan Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 2009 bertempat di lapangan Desa Pagedongan Kecamatan Pagedongan Kabupaten Banjarnegara
Perlu diketahui macam alat music ini terdiri dari; Angklung,Trantam,Kendang sebagai bas yang terbuat dari ban dalam mobil dan angklung tak bernada sebagai kenthong.Agar permaian music kenthongan ini lebih menarik ditambah penari.
Musik Kenthongan yang aku ketahui banyak berkembang di daerah Purwokerto,Cilacap,Purbalingga dan Banjarnegara.Aku sendiri membeli alat ini di tempat kelahiranku sendiri di Desa Bancar Kabupaten Purbalingga sama teman masa kecilku mas Yustus Wijayadi.Untuk lebih jelasnya dan seperti apa alat musiknya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

siap beraksi

dari kanan;trantam,bas dan angklung


dua buah angklung sebagai kenthong yang hanya barnada tinggi dan rendah aja


para penari kenthongan


dengan adanya penari menambah hidup suasana penampilan musik kenthongan


musik kenthonagna juga punya pemimpin hlo....


pemimpin ini biasanya wanita yang lincah dan pandai menari juga

Hehehe...yang ini si numpang nampang, bolehkan? sebetulnya aku ingin menampilakan dihari Pramuka,tapi modemku rusak dan sampai sekarang masih dalam perbaikan.Ditambah lagi foto-foto dihari Pramuka terhapus ya....apes.Lebih apes lagi aku ngga bisa berkunjung ke blog teman seperti biasa,hanya beberapa blog aja yang bisa aku kunjungi,soalnya aku net pakai hape dudut yang leletnya minta ampuuuun....

9 komentar:

  1. keren musik kenthongannya....^_^

    BalasHapus
  2. foto2nya bagus mas eko....siiip

    BalasHapus
  3. musik kentongannya mantep,...
    foto pembinanya keren.
    Orangnya pasti lebih keren lagi...

    BalasHapus
  4. Jadi ingat dulu saya pernah bertugas di Purwokerto selama 3,5 tahun. Dulu sempet dengar musik kentongan tapi nggak "formal" seperti sekarang... Biasanya pas ronda puasa


    Foto pembina pramukanya keren yaa....

    BalasHapus
  5. wow ....musik kentongan ya ?.
    daku sangat suka sekali tuh musik.
    btw ... tumben nih kali ini ada foto sang pembina.

    nice sharing.

    BalasHapus
  6. cocok dah perayaan tujuhbelasan sama alat musik tradisional, makin tinggi nasionalismenya, hiii

    BalasHapus
  7. itu foto bapak ya? yg pake baju pramuka itu?

    BalasHapus
  8. salam pramuka,
    selamat hari prmauka.,.14 agustus... (telat ngucapinnya)..
    kmrn mlm ulang janji d mana kak (kl pramuka kan pake kak bkn pak, iya tho...) ???

    kita berdoa aja kentongan sbg kesenian banymas ga punah.,.,.

    BalasHapus

Terimakasih anda telah berkunjung ketempat ini, semoga panjang umur