Selasa, 16 Maret 2010

MENGENAL HURUF JAWA 1

Kali ini inyong pengin belajar menulis huruf Jawa.Dari pada belajar sendiri mending hasilnya inyong bagi-bagikan, eh…siapa tahu ada yang ingin ikutan melestarikan huruf jawa biar keberadaan huruf jawa tidak punah.Trimakasih buat mas Aditya yang udah ngasih inyong sofware huruf jawa sehinga inyong bisa nulis di blog.

Kalau inyong perhatikan atau inyong amati, minat anak-anak untuk belajar nulis jawa sangat kurang sekali. Ini terbukti jika anak sekarang ditanya atau diminta menulis huruf jawa banyak yang ngga bisa tapi kalau ditanya Facebook wah….jawabanya canggih-canggih.

Yo…kita kenalan, kata orang jika tak kenal maka tak sayang.

1. HURUF CARAKAN


2. HURUF PASANGAN


3. CONTOH PENULISAN HURUF DAN PASANGANNYA


4. SANDANGAN

Nah…sekian dulu kenalan dengan huruf jawa, besok inyong sambung lagi. Eeet ada yang lupa, bila ada yang pengin cepet bisa caranya ambil kertas trus langsung belajar menulis, jangan hanya dilihat saja ya.

13 komentar:

  1. Saya sudah lama nggak blajar ini, di jogja nama jalan juga ditulis huruf latin dan jawa

    BalasHapus
  2. Bookmark dulu aja... buat ngajarin shasa nanti. Thanks

    BalasHapus
  3. Aku sendiri udah lupa nih dg huruf Jawa pak.

    BalasHapus
  4. Mas sayang bgt di kompiku hrf jawanya kok ngga mo nongol...
    dikit-2 msh inget jg ma hrf jowo, kl aku pengen mcm -2 nyanyiane, lupa sih..kaya bapak pocong, asmorondono, apa lg ya..umpama aku bs nyanyi lg..

    BalasHapus
  5. puyeng bacanya. mirip semua tuh huruf.hehee

    BalasHapus
  6. wah, dulu waktu saya sd saya pinter lho nyambung dan nulis huruf jawa, saat smp pernah nilai bahasa jawanya di rapor 9, tapi sekarang udah lupa... hahahah

    BalasHapus
  7. moga lestarilah bahasa jawa, bangsa yang baik adalah menghargai budayanya sendiri...

    BalasHapus
  8. jaman sekolah dulu suka disambung tuh, jd gn: hanacarakadatasawala anakna cilaka bapakna kababawa..heuheu

    BalasHapus
  9. mengenal budaya dan bahasa daerah ikut melestarikan kebudayan bangsa,dan bangsa yang besar berarti mau menghargai budaya nyasendiri

    BalasHapus
  10. Maaf baru komen pak...iya sama2 saya senang bisa membantu :)

    BalasHapus

Terimakasih anda telah berkunjung ketempat ini, semoga panjang umur