Senin, 05 April 2010

MENGENAL HURUF JAWA 3

Mari kita mengenal tanda-tanda baca yang ada pada huruf jawa. Pada bagian ini inyong akan perkenalkan tanda baca ( dalam tulisan jawa disebut Sandangan ) untuk bunyi i, e, e, u dan o. Untuk lebih jelasnya ikuti contoh dibawah ini.
1. Tanda Baca Wulu, tanda baca ini berunyi i
Contoh

2. Tanda Baca Pepet, tanda baca ini berbunyi e
Contoh

3. Tanda baca Taling, tanda baca ini berbunyi e
Contoh

4. Tanda Baca Suku, tanda baca ini berbunyi u
Contoh

5. Tanda baca Taling tarung, tanda baca ini berbunyi o
Contoh

Pada kesempatan yang ini inyong mau pasang award karya dari Mas Hendriawanz yang ia buat sebagai hadiah ultah blog inyong. Hehehe…kok lama ya pasangnya, memang inyong sengaja nunggu postingan tulisan jawa kayaknya lebih cocok kalau dibarengkan dengan tulisan jawa dilihat model tulisan di award.Trimakasih Mas Hendriawanz



16 komentar:

  1. wah, suka dengan postingan dengan budaya2... khususnya budaya jawa.... thanks neh Mas huruf basa jawanya....

    BalasHapus
  2. dulu waktu sd dan smp hafal neh... sekarang kok lupa... duh...

    BalasHapus
  3. thanks buat sharing ilmunya...saya belom pernah belajar tulisan jawa sama sekali XD

    BalasHapus
  4. Yang no 5 sudah mulai repot ya pak, pakai awal dan akhir. Trima kasih pak, diingatkan lagi tentang bahasa Jawa. Semoga dilanjutkan pak dengan yang lebih rumit, misal angklung, bablas..yang seperti itu sudah mulai lupa pak.
    Oh terima kasih Pak, award-nya dipasang. Seneng rasanya..:)

    BalasHapus
  5. Wah.., udah lama banget gak nulis pake huruf Jawa. Dah banyak yg lupa, pak... hehehe

    BalasHapus
  6. Selamat utk hadiah dari mas Hendriawanz pak...

    BalasHapus
  7. salam kenal,,,

    wah ada pelajaran bahasa disini,,
    nice,, membudayakan kembali,,

    thxs dah hadir berknjung ke langtsenja ku,,

    BalasHapus
  8. Wah, saya dari dulu pengen tuh Pa belajar huruf Jawa, tapi susye. Lagian kalo di daerah Cilegon mah muatan lokalnya Bahasa Sunda.

    oya, selamat yah Pa buat awardnya :-)

    BalasHapus
  9. mampir bentar...update dong....

    BalasHapus
  10. komentnya pake moderasi ya?

    BalasHapus
  11. udah lama gak liat yang ini.. :)

    wah kangen masa2 SD,, sedikti banyak saya masih inget itu hurup2.. :)

    tapi yang hurup Lombok.jadi ada perbedaan sedikit..

    BalasHapus
  12. bagus pak inyong... saya bisa belajar.. udah 13 tahun dijawa, tapi sampe sekarang lum apal aksara jawa... toeng...
    fyrdh fyrdha...

    BalasHapus
  13. setahu inyong koment ngga pakai moderai

    BalasHapus

Terimakasih anda telah berkunjung ketempat ini, semoga panjang umur