Selasa, 24 April 2012

Ikrar untuk Melaksanakan Ujian Nasional Jujur Dan Berprestasi

Pelaksanaan Ujian Nasional untuk tingkat SMP sudah dimulai sejak hari senin tanggal 23 April 2012 dan akan berakhir pada hari kamis tanggal 26 April 2012. Pelaksanaan UN kali ini tidak melibatkan tim Independen tapi siswa peserta UN kali ini  menandatangani surat pernyataan yaitu ikrar untuk Melaksanakan Ujian Nasional yang Jujur dan Berprestasi, adapun isi surat pernyataan sebagai berikut:

Pernyataan

 Sesuai Ikrar peserta didik untuk melaksanakan UJIAN NASIONAL yang JUJUR dan BERPRESTASI serta PENDIDIKAN ANTI KORUPSI, kami Peserta Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2011/2012 menyatakan dengan sesngguhnya: 
  1. Siap dan bersedia untuk mengikuti dan melaksanakan UJIAN NASIONAL Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan JUJUR. 
  2. Mengerjakan soal Ujian Nasional Tahun pelajaran 2011/2012 sesuai dengan kemampuan sendiri dan tidak akan meminta bantuan kepada siapapun atau cara lain yang dikategorikan sebagai kecurangan. 
  3. Mematuhi dan melaksanakan Tata Tertib Peserta Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2011/2012. 
Apabila terbukti saya melakukan kecurangan dalam mengerjakan soal Ujian Nasional bersedia menerima sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Demikian pernyataan ini saya buat dengan penuh kesadaran untuk melaksanakan UJIAN NASIONAL yang JUJUR dan BERPRESTASI.

.................., 23 April 2012
Yang menyatakan


................................

Nah begitu isi surat pernyataan siswa peserta UN tahun 2012, tetapi bagaimana kenyataannya pada pelaksanaan UN, kita bisa lihat berita di TV atau membaca di Koran, masih banyak siswa yang nyontek atau bekerjasama. Apa ada pengaruhnya surat pernyataan tersebut pada siswa?.

13 komentar:

  1. Kadang surat pernyataan dibuat hanya sekedar untuk memenuhi kelengkapan administrasi. Bagaimana pelaksanaannya kembali lagi pada personalnya

    BalasHapus
  2. semua kembali ke pribadi masing..masih.. pak guru...

    BalasHapus
  3. ya itulah , tp maklum saja soal UAN kan standar nasional sementara nusantara masih banyak pasilitas SDM dn sarana jg pra sarana sekolah yg masih mini apalagi di daerah2...

    BalasHapus
  4. ko pake ikrar segala ya? apa karena kemarin itu pas anak sma banyak yang nyontek jadinya pake ikrar... emm, semakin kasian ja anak anak yang ujian.

    BalasHapus
  5. wah, standar apa yg sebenarnya akan di pakai diknas dan pemerintah ya untuk menanggulangi kecurangan2 seperti ini, semoga saja cepat tersolusi dengan leibh baik ya :D

    BalasHapus
  6. asalamualaikum
    setuju dengan ikrarnya
    terutama no 1 "jujur", kebanyakan murid2 tidak percaya diri ya pak.

    BalasHapus
  7. Cuma bisa bilang, SERMPURNA :D

    Komen balik ya, :-D

    BalasHapus
  8. Baca yang begini bikin aku jadi deg-degan.. Tahun depan giliranku untuk UN :(

    BalasHapus
  9. Saya hanya bisa berkomentar singkat smbil mendoakan, semoga para siswa mendapatkan hasil terbaik untuk masa depan mereka. Tentunya terbaik dari dan menurut Sang Yang Mengatur alam raya. Moga sukses semua...

    BalasHapus
  10. Semoga lulus deh baik sisma sd, smp, sma, smk, dst. Semuanya. Amin.

    BalasHapus

Terimakasih anda telah berkunjung ketempat ini, semoga panjang umur