Selasa, 12 Juni 2012

LUFFA ACUTANGULA

 Luffa Acutangula (bahasa Latin) dalam bahasa Jawa disebut Oyong. Oyong merip dengan Blustru, tetapi buahnya lebih kecil dari pada Blustru. Daunnya lebih kecil dan warna daun hijaunya lebih muda. Tanaman ini akan baik hidup ditanah kering karena tidak tahan air atau hujan yang terusmenerus.
 

Jenis Oyong ada yang besar dan ada yang kecil, lebih enak dimakan Oyong yang kecil. Cara menanam Oyong menggunakan bijinya. Tanaman ini bisa dipanen setelah umur 1,5 bulan, buah yang masih muda dipteik untuk dibuat sayur. Bagi yang susah buang air seni, dengan mengkonsumsi sayur Oyong maka buang air seni akan lancar

Untuk Gambar diambil dari Wikipedia

3 komentar:

  1. Ternyata oyong punya kasiat memperlancar buang air seni.
    Saya suka sayur oyong karena segar rasanya, enaknya dibikin sop.
    Biasanya ditanam dipematang sawah kalau dikampung saya.

    BalasHapus
  2. klo dilihat sepintas lalu mirip2 sayur pare ya..., *smile

    BalasHapus

  3. Hal yang tidak pernah terbayankan kini menjadi kenyataan dengan keluargaku,,,untuk MBAH.RINGGO kami ucapkan banyak terimakasih karna berkat bantuannya ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah,karna nomor “GHOIB”untuk pasang togel,hasil ritual MBAH RINGGO meman benar2 merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karna baik rumah sudah disita,,warung makan jg sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma kontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya MBAH RINGGO lah yang bisa merubah nasib kami..MBAH RINGGO orang paling bersejarah kepada keluarga saya…!!! Kepada teman2 yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib baik dari pada sekaran HBG: 0852~0521~3777-MBAH RINGGO,dengan penuh harapan INSYAH ALLAH pasti tercapai dan sudah terbukti.

    BalasHapus

Terimakasih anda telah berkunjung ketempat ini, semoga panjang umur