Senin, 18 Juni 2012

TARI TOR-TOR DIKLAIM JADI WARISAN BUDAYA MALAYSIA


Seprtinya Budaya Indonesia akan selalu mendapat masalah jika Bangsa ini tidak bersatu untuk melestarikan Seni budaya Nusantara, seperti yang diberitakan tv one senin 18 juni 2012 bahawa,Kebudayaan Indonesia kembali di klaim Malaysia. Negeri jiran itu akan mendaftarkan tari Tor-tor dan Gordang Sambilan sebagai peninggalan nasional mereka, padahal di Indonesia dua kesenian itu dikenal sebagai kebudayaan masyarakat Batak, Sumatera Utara.

Tari Tor-tor,vivanews
Malaysia akan meregistrasi kebudayaan itu berdasarkan Bab 67 Undang-undang Peninggalan Nasional 2005."Pertunjukan periodik harus diadakan. Artinya, tarian harus disajikan sementara irama gendang harus dimainkan di depan publik," kata Menteri Informasi, Komunikasi, dan Kebudayaan Malaysia, Datuk Seri Rais Yatim sebagaimana dikutip laman Bernama.
Gordang Sembilan, vivanews
Menurut Rais, mempromosikan kebudayaan dan seni Mandailing sangat penting, sebab bisa mengungkap asal-usulnya. Selain itu bisa mempererat persatuan dan kesatuan dengan masyarakat lainnya.

Sejalan dengan konsep Malaysia, upaya masyarakat Mandailing untuk mengangkat seni dan budaya mereka telah didukung oleh kementerian untuk diakui dan dikenalkan ke publik Malaysia.
Sebelumnya, Malaysia pernah mengklaim sejumlah kesenian asal Indonesia sebagai milik mereka. Malaysia pernah menampilkan tari Pendet asal Bali dalam video iklan 'Enigmatic Malaysia' di Discovery Channel.(VIVAnews)

Sumber : tvonenews

3 komentar:

  1. Entah kenapa kita selalu disibukan dengan urusan politik yang tidak kunjung selesai, sampai lupa mengurus budaya. Jika budaya kita diakui oleh negara lain, barulah kita tersadar dan ribut.

    BalasHapus
  2. Banyak sekali blog yang memberitakan hal ini, Beginilah negara yang kismin budaya sobat, sekarang dengan tiba-tiba mereka mengklaim budaya negara lain, semoga aja masalah ini bisa diselesaikan tanpa harus mengesampingkan urusan korupsi yang sedang melanda negara kita, nice share thanks.

    BalasHapus

Terimakasih anda telah berkunjung ketempat ini, semoga panjang umur